DPRD Kabupaten Bekasi Dorong Pembangunan Fokus Pada Kualitas

0
20

POSKOBERITA.COM, BEKASI – Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Cecep Nur, menyampaikan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi sedang melakukan proses Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

Saat dirinya mendengarkan aspirasi di wilayah Cikarang Selatan, perapian Jalan Inspeksi Kalimalang merupakan salah satu usulan masyarakat.

Dalam rapat dengar pendapat dengan dinas teknis yang menangani konstruksi, Cecep menyampaikan keterbatasan anggaran sebagai faktor utama. Dia menekankan pentingnya anggaran yang memadai untuk pembangunan berkualitas dan pemeliharaan rutin.

“Sebagian Jalan Kalimalang juga ada wilayah Cikarang Selatan. Memang melalui rapat dengar pendapat dengan dinas teknis yang membidangi konstruksi sudah kami sampaikan, dengan keterbatasan anggaran. Ketika sudah dianggarkan dan dilakukan pembangunan. Setidaknya kualitas pembangunan serta dilakukan pemeliharaan secara rutin,” ucapnya.

Menurutnya, Jalan Kalimalang, sebagai jalan terpanjang di Kabupaten Bekasi, layak menjadi ikon daerah. Cecep Nur mendorong agar pembangunan dilakukan secara bertahap dengan fokus pada kualitas, termasuk perawatan penerangan jalan umum (PJU) dan taman.

Sementara itu, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) telah membangun taman median jalan sepanjang 1,8 km.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir, menuturkan kewenangan untuk membangun dan menata Jalan Inspeksi Kalimalang ada beberapa OPD. Yaitu, Disperkimtan, Dinas Sumber Daya Air Bina Marga, dan Bina Konstruksi, dan Dinas Perhubungan.

“Kalau kami bertanggung jawab untuk menata dan membangun taman median jalan. Setidaknya ada sepanjang 1,8 kilometer telah dibangun dari batas Tegal Danas hingga Tegal Gede,” jelasnya.

Pihaknya fokus pada perawatan taman median, termasuk pemotongan pepohonan dan penyiraman, menjaga keindahan dan kenyamanan. Taman median juga diberi pencahayaan malam hari untuk menampilkan keindahan Jalan Inspeksi Kalimalang. (adv)