Potensi Zakat Jawa Barat Rp 17,6 Triliun Per Tahun

0
1018

POSKOBERITA.COM, BANDUNG –  Jawa Barat memiliki potensi zakat Rp 17,6 triliun per tahun jika seluruh muzaki di Jabar memenuhi kewajiban mereka membayar zakat. Sementara potensi zakat di Indonesia sebesar Rp 217 triliun. Jumlah tersebut merupakan jumlah potensi terbesar di Indonesia mengingat Jabar memiliki jumlah penduduk terbanyak dengan mayoritas muslim.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar, Arif Ramdani, pada Gerakan Sadar Zakat di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa 13 Juni 2017. Jumlah tersebut, merupakan hasil penelitian seorang peneliti muslim, dr Sauqy.

‎Dengan total potensi zakat tersebut, diakui Arif, pihaknya baru menghimpun di bawah Rp 500 miliar. “Ini mungkin ada sebagian muslim berzakat sendiri belum memalui lembaga atau belum menunaikan zakat,” kata dia.

Dengan demikian, pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi, serta membangun jaringan sampai tingkat kelurahan yang ada di setiap kota dan kabupaten. Selain itu, di masjdi-masjid mereka membentuk unit pelayanan zakat (UPZ).

“Adapun target tahun ini kami menargetkan bisa terhimpun Rp 750 miliar,” kata dia.

Terkait dengan lembaga formal penghimpun zakat, dituturkan Arif, lembaga formal yang pertama adalah Baznas yang dibentuk berdasarkan UU. Selain itu, ada lembaga amil zakat yang dibentuk masyarakat dan mendapat izin dari pemerintah.

“Sekarang di tingkat Jabar tidak lebih dari 15 yang punya izin. Jadi diharapkan masyarakat yang menitipkan zakat infak melalui lembaga zakat resmi karena ada standar pengelola keuangan dan yang kedua diaudit,” ujar dia.

‎Sementara itu, untuk zakat pada bulan Ramadan ini pihaknya menargetkan Rp 230 miliar. Tahun lalu mencapai Rp 217 miliar tapi bukan hanya zakat fitrah dengan porsi 40 persen merupakan zakat fitrah. (***)

Source : Pikiran Rakyat