Dishub Kota Bekasi Segera Luncurkan Bus Trans Patriot

0
1076

POSKOBERITA.COM – Dalam waktu dekat Kota Bekasi akan memiliki angkutan umum baru yang bernama Trans Patriot. Jenis angkutan umum ini rencananya akan diluncurkan pada Agustus 2017 dan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif angkutan massal bagi warga Kota Bekasi. Moda angkutan Trans Patriot rencananya berbentuk minibus berukuran sedang dengan kapasitas sekitar 29 tempat duduk.

“Angkutan umum yang diberinama Trans Patriot ini rencananya akan dikelola oleh pihak ke tiga atau BUMD.  Ini masih dalam proses kajian kebijakan pengembangan layanan transportasi publik, apakah akan dikelola pihak ketiga atau BUMD, kita tunggu saja,” kata  Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Kamis (23/03).

Menurut Yayan, upaya penanggulangan kemacetan di wilayah setempat akan dilakukan melalui penambahan jalan baru di antaranya jalan sisi Perjuangan Bekasi Timur, Jalan Pangeran Jayakarta, dan lainnya. Upaya penanggulangan kemacetan, kata dia, juga tidak terlepas dari penyediaan transportasi massal yang layak dan nyaman bagi masyarakat.

“Pemerintah Kota Bekasi berupaya menyediakan alat transportasi yang lebih nyaman dan terjangkau oleh masyarakat terlebih transportasi publik. Maka bus Trans Patriot segera hadir di Kota Bekasi pada bulan Agustus tahun ini sebagai alternatif warga dalam bertransportasi.” ujarnya.

Terkait kemungkinan akan terjadinya persaingan dengan transportasi umum lainnya, seperti kendaraan jenis Elf yang ada di Kota Bekasi, Kadishub mengatakan, pihaknya menyerahkan kepada pilihan masyarakat, karena persaingan dalam memberikan pelayanan yang baik  merupakan hal yang positif.

“Karena masyarakat yang akan menilai sendiri, mana yang menurut masyarakat lebih baik dan nyaman itulah pilihan masyarakat,” pungkas Yayan. (IwanK/PB)