Plt. Bupati Bekasi Rohim Mintareja Serukan PNS Jaga Netralitas

0
1191

POSKOBERITA.COM, CIKARANG PUSAT – Hari pertama menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Rohim Mintareja menyerukan kepada seluruh PNS di Kabupaten Bekasi agar menjaga netralitas dalam menghadapi Pilkada 2017.

“PNS ataupun pejabat pemda dalam rangka Pilkada ini harus netral, tidak boleh terlibat langsung dalam mendukung salah satu pasangan calon, baik dalam kampanye ataupun rapat-rapat pembahasan,”  kata Rohim, Jum’at (28/10).

Ketentuan mengenai netralitas tersebut menurut Rohim, sangat jelas seperti yang tertuang dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempertegas jarak antara birokrasi dan politik, serta yang tercantum dalam UU Pilkada.

Bagi PNS yang tidak mengindahkan peringatan itu, kata dia, maka akan dikenakan sanksi, apalagi jika sampai tertangkap tangan terlibat langsung dalam kegiatan kampanye salah satu pasangan calon.

Pihaknya akan bekerja sama dengan pengawas pemilu dan panitia pemilu serta pihak yang berwajib untuk sama-sama mengawasi jika ada oknum Pegawai negeri sipil (PNS) yang menjadi tim sukses salah satu pasangan calon.

Rohim Mintareja menjabat sebagai Plt. Bupati Bekasi  setelah Bupati Neneng Hasanah Yasin cuti dalam rangka kampanye Pilkada Kabupaten Bekasi 2017. Selama menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt), Rohim Mintareja akan memegang dua kendali yakni sebagai Bupati dan Wakil Bupati. (DB)