Tugas Sosialisasi, Rieke Diah Pitaloka: Persoalan Data Penting untuk Amalan Empat Pilar

0
24

POSKOBERITA.COM, KABUPATEN BEKASI – Anggota Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sekaligus anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rieke Diah Pitaloka melakukan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Jayamukti, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (23/1). Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka menyosialisasikan pentingnya empat pilar kebangsaan sebagai dasar negara kepada masyarakat di daerah pilih, yakni Kabupaten Bekasi.

Dalam paparannya kepada pemuda dan masyarakat Jayamukti, Rieke menyampaikan pentingnya Pancasila dalam semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap individu di masyarakat harus berpedoman pada nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Rieke juga menyampaikan poin-poin penting Pokok-Pokok Haluan Negara dalam perannya sebagai anggota Badan Pengkajian MPR RI.

“Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945 harus diamalkan setiap saat sebagai bangsa Indonesia. Jadi saudara sekalian harus memahami betul maknanya,” ujar Rieke.

Tidak ketinggalan, Rieke menyampaikan pentingnya empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika untuk terus dikuatkan. Dia mengungkapkan, untuk membangun Indonesia sesuai dengan keempat pilar kebangsaan, tentu sangat dibutuhkan angka ataupun statistik yang akurat. Untuk itu, Rieke mengajak seluruh elemen memperjuangkan hadirnya peraturan pemerintah tentang penyelenggaraan pemerintah berbasis data desa dan kelurahan presisi

“Apalagi Pancasila itu bukan dikotomi antara yang nasionalis dengan yang tidak nasionalis. Pancasila itu bukan memecah belah rakyat, bukan mendikotomi mana kelompok radikal dan mana yang bukan radikal,” kata Rieke. (red)