Obon Tabroni : Perlu Upaya Serius Untuk Selamatkan Lutung Jawa Muaragembong

0
1074

POSKOBERITA.COM, MUARAGEMBONG – Keberadaan Lutung Jawa sebagai satwa yang dilindungi yang terancam punah di pesisir pantai Muaragembong mengundang keprihatinan Calon Bupati Bekasi No. 3, Obon Tabroni. Dalam kunjungannya ke Desa Muara bendera beberapa waktu lalu, Bang Obon menyampaikan perlu ada upaya serius untuk melindungi satwa langka yang hanya ada di Kabupaten Bekasi tersebut sebelum mereka benar-benar punah.

“Jangan sampai kelak anak cucu kita tidak tahu bahwa di Pesisir Utara Kabupaten Bekasi pernah hidup satwa langka yang bernama Lutung Jawa. Keberadaan mereka harus kita jaga karena saat ini jumlahnya hanya tersisa puluhan ekor saja,” ungkap Bang Obon.

Lutung Jawa yang dikenal dengan sebutan Monyet Ekor Panjang (Trachypitheus Auratus) adalah satwa yg dilindungi yang keberadaannya kini semakin terdesak akibat adanya pengrusakan hutan dan perluasan tambak di daerah Muaragembong. Selain itu Lutung Jawa juga menjadi sasaran beberapa kelompok pemburu yang kerap datang ke daerah tersebut. Sejauh ini pihak Polsek Muaragembong sudah melakukan patrol secara rutin untuk menghalau para pemburu satwa langka tersebut.

“Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan Lutung Jawa. Salah satunya adalah dengan dibuatkan penangkaran agar mereka dapat berkembang biak dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan habitat yang ada di hutan Muaragembong,” kata Obon.

Calon Bupati Bekasi yang berpasangan dengan Bambang Sumaryono ini berharap Lutung Jawa di pesisir pantai Muaragembong dapat dijaga dan dilestarikan dengan dibuatkan suaka alam yang bisa melindungi mereka dari gangguan  orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

“Bagaimanapun juga Muaragembong menyimpan banyak potensi alam dan potensi wisata yang dapat dikembangkan yang apabila dikelola dengan baik bisa memberikan kontribusi untuk Kabupaten Bekasi dan untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah ini.” pungkas Bang Obon. (Pb/profauna.net)