Calon Dirus PDAM Tirta Bhagasasi Ikuti Tes Uji Kelayakan dan Kepatutan

0
105

POSKOBERITA.COM, KABUPATEN BEKASI -Sebanyak 7 orang calon direktur usaha (Dirus) PDAM Tirta Bhagasasi mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan tim panitia seleksi calon direksi dan dewan pengawas PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.

Pelaksanaan UKK tersebut digelar selama dua hari secara maraton pada tanggal 29-30 April 2023 di Kampus Universitas Islam 45 Bekasi (Unisma Bekasi).

Tim panitia seleksi mengandeng tim dari akademisi Unisma Bekasi dalam melaksanakan UKK. Wakil Rektor 4 Unisma Bekasi M Harun Arasyid mengatakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) itu sudah diatur Permendagri nomer 37 tahun 2018.

Saat ini, kata Harun, terdapat 7 orang yang mengikuti ujian tersebut. Ketujuhnya berhasil lolos setelah berhasil menyingkirkan pesaing-pesaingnya.

“Ini kan sebetulnya 7 orang ini diperas dari 54 orang. Kemudian 7 orang ini sudah nilai oleh panitia seleksi yang sudah cukup memenuhi persyaratan secara admnistatif. Saya kira tadi banyak menemukan ide ide bagus dari calon ini baik dari internal maupun eksternal PDAM,” bebernya, Sabtu (29/4).

“Tentu mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nanti pilihan terbaiknya adalah terserah dari kuasa pemegang modal yaitu bupati dan PDAM,” imbuhnya.

Dalam pengujian ini, kata Harun banyak indikator yang menjadi pertimbangannya untuk menilai kualitas para calon, mulai dari kualitas personal, pengalaman hingga kemampuan manajerial.

“Ada beberapa indikator dari proses seleksi UKK yaitu psikotes untuk melihat motivasi, kepemimpinan, kualitas personal, etika. Terkait kelayakannya dilihat indikator didalamnya antara lain pengalaman. Nah itu maksudnya pengalaman tentang mampu pengelola perusahaan, karenakan PDAM kan bisnis. Jadi harus memahami manajerial, administatif, kemampuan jaringan,” tandasnya. (adv)