Memperingati Hari Pancasila Kodim 0507 Bekasi Terbangkan Layang Layang Pancasila

0
13

POSKOBERITA.COM, KOTA BEKASI – Kodim 0507 Bekasi menggelar lomba layang-layang Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, di lapangan sepak bola Perumahan Prima Harapan Regensi, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Rabu (1/6/22).

Lomba layang-layang Pancasila diikuti para siswa tingkat SMP dan SMA se Kota Bekasi. Dan terlihat, masing-masing siswa yang mengikuti lomba, menuliskan kesan dan pesan tentang Pancasila.

Hadir Danrem 051 Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, anggota DPRD Kota Bekasi Herli Purnomo, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto beserta istri, Ketua Umum (Ketum) Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Jonly Nahampun dan sejumlah organisasi lainnya.

Dalam sambutannya, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, ini momentum bagi kita untuk merefleksilan diri, sampai sejauh mana, apa yang menjadi harapan, keinginan dan cita-cita kita bersama.

“Kita cukup berbangga hati, memiliki Pancasila yang merupakan ideologi bangsa yang mempersatukan kita semua di dalam satu gerak langka yang mempunyai tujuan hidup kita. Ini tentunya kita terus doakan founding father kita, Bapak Ir. Soekarno,” imbuhnya.

Danrem 051 Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto meski diguyur hujan deras dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dihelat Dandim 0507 Kota Bekasi dengan menggelar lomba layang-layang yang diikuti para pelajar SMP dan SMA se Kota Bekasi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sungguh luar biasa. Saya datang ke sini ingin melihat, apa isi pesan adik-adik pelajar dalam menyambut Hari Lahir Pancasila,” ujar Danrem 051 Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto.

“Tadi saya dan Plt Wali Kota sempat melihat, apa pesan yang ditulis oleh adik-adik di atas kertas latang-layang. Pesannya sungguh luar biasa. Di antaranya, Pancasila bukan hanya sekedar dihapal, tapi harus diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto.

Didampingi Ketum LAMI Jonly Nahampun, Dandim 0507 Bekasi Letkol Kav Luluk Setyanto kepada awak media mengatakan, lomba layang-layang ini digelar untuk memupuk rasa cinta tanah air dan melekatkan jiwa Pancasila sejak dini.

“Pancasila ini memang harus kita kenalkan kepada anak-anak kita, agar di dalam jiwa dan hatinya tertanam jiwa Pancasila dan harapannya saat ia sudah mulai tumbuh dewasa, akan dapat mengimplementasikan ke-lima sila tersebut,” ujar Letkol Kav Luluk Setyanto.

Jonly Nahampun menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya lomba layang-layang yang diinisiasi Dandim 0507 Bekasi Letkol Kav Luluk Setyanto.

Menurutnya, kegiatan tersebut bisa membangkitkan semangat adik-adik untuk mencintai dan memaknai ideologi Bangsa yakni Pancasila.

“Benar apa kata Pak Danrem 051 Wijayakarta. Pancasila bukan saja untuk dihapal tapi untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Danrem 051 Wijayakarta, Dandim 0507 Kota Bekasi dan Plt Wali Kota Bekasi mengunjungi para peserta lomba layang-layang Pancasila untuk melihat pesan dan kesan para pelajar yang ditulis di atas kertas layang-layang. Bagi peserta yang membacakan pesannya, diberikan hadiah oleh Plt Wali Kota Bekasi berupa Al Qur’an, bola Voli dan bola futsal. (red)