Ini Skema Pemkab Bekasi dalam Mendukung Program UMKM

0
34

CIKARANG PUSAT – Pemkab Bekasi terus mendukung geliat ekonomi UMKM pasca pandemi Covid-19. Dukungan tersebut dibuktikan dengan program agar UMKM di Kabupaten Bekasi semakin mudah untuk memasarkan produknya ke masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priatna ada beberapa program yang sudah dilakukan untuk meningkatkan roda produksi UMKM. Di antaranya membangun kerjasama dengan perusahaan yang ada dikawasan industri Kabupaten Bekasi.

“Kita kerjasama menjadi vendor pabrik di Fajar Paper, vendor sarung tangan yang dijembatani koperasi Himpi dengan fajar paper sendiri,” ujar Iyan Priatna, Senin (04/04/22).

Pemkab Bekasi juga akan melakukan gerakan transformasi formal di mana setiap UMKM dilengkapi dengan NIB yang didaftarkan melalui OSS. Sehingga UMKM memiliki badan hukum yang kuat sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

“Tadinya hanya punya badan hukum kita arahkan untuk punya NIB, yang didaftarkan melalui OSS dan pendaftarannya itu perlu ada pelatihan,” jelas Iyan.

Tak hanya itu, lanjut Iyan, Pemkab Bekasi juga mendorong setiap kecamatan membentuk komunitas UMKM. Langkah tersebut sangat penting agar pemasaran UMKM semakin mudah dan dapat menjangkau seluruh pangsa pasar yang lebih luas.

“Dan kita juga akan buat katalog lokal bekerjasama dengan Kominfo dan ULP, dengan begitu UMKM kita akan teregistrasi, sehingga untuk UMKM di Kabupaten Bekasi bisa menyediakan makan minum di Pemda, dan itu perintah dari presiden Jokowi langsung,” tandasnya.