TNI Gelar Panen Raya Padi di Lahan Pertanian Kodam Jaya

0
58

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Panen raya padi, di lahan pertanian Kodam Jaya, Desa Wanajaya, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (16/12/2020), sebagai upaya nyata satuan kewilayahan dan bukti keseriusan Korem 051/Wijayakarta.

Beserta jajaran Kodim 0509/Kab Bekasi dan Koramil 05/Cibitung, dalam membantu program swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah.

Danrem 051/Wijayakarta, Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha mengamanatkan yang dibacakan Kasiter Kolonel Arh Yogo Widiyatmoko menyampaikan, mengapresiasi kepada petani penggarap, yang selama ini telah bersinergi dengan baik, melakukan upaya pertanian guna mewujudkan keberhasilan swasembada pangan nasional.

“Kita menyadari selama proses tanam masih ada kekurangan, hambatan dan kendala, seperti pergantian iklim, hama penyakit, keterbatasan sarpras dan pengairan, bahkan fluktuasi harga beras dipasaran. Namun hendaknya tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap kerja jeras,” katanya.

Kemudian pihaknya pun memberikan solusi, dorongan dengan melibatkan semua unsur terkait untuk terus diupayakan sehingga hasil panen kedepan lebih meningkat.

Untuk itu, kerjasama yang erat seluruh instansi terkait (Pemda, Swasta, akademisi, dan peneliti) dengan Korem 051 beserta jajaran Kodim 0509 dan kelompok tani agar lebih ditingkatkan.

“Saya berharap semoga semua yang telah diupayakan ini, semakin memberikan kontribusi yang lebih besar dan lebih efektif lagi guna membantu pencapaian program ketahanan pangan Nasional kedepan,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Cibitung, Encun Sunarto menambahkan, panen raya ini langkah awal yang baik di akhir Tahun 2020.

Sehingga para petani kelompok tani (Poktan) dapat menimba ilmu atau edukasi dari TNI, yang memang telah memiliki talenta dan ilmu yang mumpuni tentang hal pertanian.

“Terima kasih, saya berharap dengan ilmu pertanian yang dimiliki TNI yang mumpuni, dapat memberikan edukasi kepada kelompok tani kita,” ujar Camat.

Dia pun mengingatkan, pada masa pandemi Covid-19 di wilayahnya yang masih menunjukan angka peningkatan, agar senantiasa selalu waspada, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan menjaga jarak tidak berkerumun).

Dilokasi yang sama, Kabid Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Emban menyampaikan, untuk lebih meningkatkan hasil panen padi, pihaknya merencanakan dan akan memberikan sample padi, yang akan ditanam dengan
peningkatan produktifitas IP 400.

“Kita coba menggunakan IP 400, dan harus dirubah pola tanam yang tadinya 3 kali masa panen menjadi 4 kali dan ini akan di upayakan di tanah lahan Kodam Jaya,” ungkapnya. (cr02/red)