Bantuan PBB untuk Roma

0
188
SUMBANGAN: Pemuda Batak Bersatu (PBB) Tambun Utara, Bekasi, memberikan sumbangan dana untuk Roma Stevani Pangaribuan. // ISTIMEWA

POSKOBERITA.COM, BEKASI – Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Batak Bersatu (PBB) di Kabupaten Bekasi menyerahkan donasi cangkok ginjal Roma Stevani Pangaribuan (RSP), kepada orangtuanya Suraida Situmorang.

Penyerahan donasi disaksikan pihak Dinas Kesehatan dan Camat Tambun Utara di kediaman RSP, Perumahan Panorama Regency, Blok HL No 33, Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi, pada Jumat (11/9).

Bantuan tersebut hasil penggalangan dana, melalui acara live streaming peduli sesama untuk donasi cangkok ginjal Roma Stevani Pangaribuan (12), pada Sabtu (29/8) lalu.

Usai menerima hasil donasi cangkok ginjal Roma Stevani Pangaribuan, Suraida Situmorang menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian, doa serta bantuan yang diterima dari masyarakat, khususnya Pemuda Batak Bersatu Tambun Utara.

“Donasi yang sudah kami terima akan dipergunakan sebaik-baiknya buat kesehatan Roma,” kata Suraida kepada wartawan.

“Daya yakin dan percaya cangkok ginjalnya akan terlaksana dengan baik,” tambah dia.

Dikatakan Suraida, jumlah donasi yang diterima dari Ormas PBB sebesar Rp69.830.100. Suraida mengaku jumlah biaya yang dibutuhkan untuk cangkok ginjal Roma sebesar Rp1,5 miliar.

“Kami minta doa buat kesembuhanya agar bisa kembali ke sekolah dan menggapai cita-citanya bisa jadi guru,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PAC PBB Tambun Utara, Parluhutan Situmorang selaku ketua panitia live streaming penggalangan donasi cangkok ginjal Roma, berharap bantuan dari masyarakat dan kehadiran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

“Hari ini dana yang terkumpul sudah kami sampaikan kepada keluarga pak Riyanto Pangaribuan. Inilah hasil penggalangan dana yang sudah dilakukan oleh PBB,” kata dia.

Dilokasi yang sama, Camat Tambun Utara Deny Mulyadi sangat berterimakasih kepada PBB khususnya PAC Tambun Utara, yang telah peduli kepada warga kami.

“Mudah-mudahan bantuan dari Pemuda Batak Bersatu ini bisa bermanfaat bagi keluarga. Saya atas nama pemerintahan kecamatan juga berterimakasih,” ucap dia.

Mantan Camat Babelan ini juga akan menyampaikan kondisi Roma kepada Bupati Bekasi. Dikarenakan sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah.

“Saya juga akan berusaha kepada siapapun teman-teman atau relasi agar bisa membantu adek ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karang Satria, Siti Jubaedah mengatakan, sebagai perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, pihaknya akan melakukan koordinasi lanjutan dengan Kepala Dinas Kesehatan, Sri Enny.

“Saya akan menyampaikan hasil dari pemantauan kami, bahwa anak Roma Stevani Pangaribuan ini rencana mau melakukan cangkok ginjal,” ujarnya.

Menurut dia, pertama kali yang merujuk Roma adalah Puskesmas Karang Satria. SehinggA, yang mendampingi adalah petugas pembina wilayah, setiap kali Roma mau melakukan cuci darah.

Dalam kesempatan yang sama Maruli Manurung Bidang Penelitian dan Pengembangan PBB PAC Tambun Utara, juga berharap bantuan dan uluran tangan dari masyarakat serta dari Pemda Kabupaten Bekasi.

“PBB telah menyerahkan hasil donasi live streaming yang sudah dilakukan sebelumnya. Kami atas nama PBB sudah berupaya secara maksimal,” katanya.

“Harapan kita bersama dengan situasi ini kehadiran Pemda Kabupaten Bekasi untuk ikut membantu agar bisa mewujudkan operasi cangkok ginjal Roma,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainarti mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak memiliki anggaran untuk pencangkokan ginjal.

“Untuk cangkok ginjal diposisi kita tidak ada penganggaran untuk penjaminan pencangkokan ginjal, itu ada penjaminan kesehatan yang sudah diberikan BPJS ntah dari pusat atau dari daerah prosesnya disana,” jelas dia.

Namun dirinya, menegaskan pemerintah daerah selalu menjamin untuk kesehatan masyarakat. Kendati demikian, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPJS dan RSCM. “Terkait anggaran lain-lain belum ada, nanti kita harus konsultasikan nih,” paparnya. (ran/red)