LAMI Mendesak Pemkab Katingan Bansos Masyarakat Tepat Sasaran

0
19
Ketua DPC LAMI Kabupaten Katingan, Heriyanto.

POSKO BERITA, KALIMANTAN TENGAH – DPC lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Kabupaten Katingan meminta pemerintah bekerja lebih keras lagi untuk memastikan bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan benar-benar dialokasikan untuk masyarakat kurang mampu yang terkena dampak Covid-19. Pasalnya, dampak Covid-19 ini sangat sistemik bagi kehidupan masyarakat, baik bidang kesehatan, sosial dan ekonomi.

“Kami dari LAMI meminta Pemda Katingan agar memberikan bantuan kepada masyarakat dengan memperhatikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berdasarkan Surat Edaran (SE) KPK no 11/2020, DTKS menjadi dasar agar bantuan terhadap masyarakat terdampak Covid 19 tepat sasaran,” kata Ketua DPC LAMI Kabupaten Katingan, Heriyanto yang disapa Aris, Sabtu (15/05/2020).

Heriyanto berharap warga bersabar dalam proses penyalurannya. Bantuan tersebut digulirkan secara bertahap sehingga mereka harus mengedepankan ketenangan. Dengan demikian, diharapkan, bantuan selama pandemi corona ini benar-benar optimal. Masyarakat terdampak terutama penerima manfaat pun bisa secara sabar dan tenang dalam menantikan penyaluran bantuan tersebut. Terlebih menghadapi bulan Ramadan. Tak lupa, Heriyanto tak bosan mengingatkan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol guna mencegah penyebaran virus tersebut.

Selain itu, LAMI berharap pemerintah memiliki data terbaru penerima bansos agar tepat sasaran juga perlu di crosscek betul-betul jangan sampai tumpang tindih bansos.

Diharapkan pula perlunya pihak petugas dinas sosial (dinsos) di wilayah masing-masing untuk turun memantau dilapangan baik itu bersinergi atau tidak dengan lembaga sosial yang resmi di masyarakat.

“Selain itu diharapkan proaktif masyarakat melalui perwakilan atau lembaga sosial untuk mengawasi atau memantau pendataan bansos bagi warga masyarakat yang layak dan berhak,” tandasnya. (red)