Perselisihan Pemuda Desa Lingga – Desa Lingga Julu Berujung Damai

0
84
Proses mediasi permasalahan Bentrok pemuda antar Desa Lingga dan Desa Lingga Julu.

POSKO BERITA, KARO–Bentrok pemuda antar Desa Lingga dan Desa Lingga Julu yang terjadi beberapa waktu lalu, berujung damai setelah dimediasi oleh Kapolsek dan Danramil Simpang Empat.

Bentroknya kelompok pemuda antar desa ini dikarenakan kesalahpahaman, awalnya perselisihan ini terjadi di salah satu kafe yang berada di perbatasan kedua desa, pada Sabtu 2 Mei 2020 malam.

Perselisihan diduga dipicu pengaruh minuman keras, hingga terjadi perkelahian antara pemuda asal Desa Lingga dan Desa Lingga Julu.

Pada saat kejadian, entah siapa yang memberitahu kepada pemuda desa masing-masing, akhirnya kelompok pemuda kedua desa terlibat bentrok, beruntung Personel Polsek dan Personel Koramil Simpang Empat dengan sigap, berhasil merelai kedua kubu.

Untuk meredam kericuhan yang lebih besar, aparat keamanan langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa kedua kubu.
Kemudian pada Minggu 3 Mei 2020 siang, kedua kelompok pemuda dari kedua desa diajak musyawarah di ruang Purpur Sage Polsek Simpang Empat.

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak sepakat melakukan perdamaian, dalam sambutannya Kapolsek Simpang Empat, AKP A. Ridwan Harahap mengatakan,
berterimakasih kepada semua pihak yang berniat baik untuk melakukan perdamaian. “Harapan saya perdamaian ini tidak hanya dimulut saja,” ujar Ridwan.

Kapolsek yang murah senyum ini menambahkan, kedepannya agar jangan ada lagi masalah, karena saat ini Indonesia tengah dilanda bencana non alam / virus Corona. “Jadi mari kita cegah Corana bersama – sama, karena musuh kita kali ini tidak kelihatan, jadi dengan cara bekerja sama, bersatu untuk melawan baru bisa kita menang,” tegasnya.

“Cukup sudah penderitaan secara ekonomi , pengangguran dimana-mana akibat virus ini, jangan ditambah lagi persoalan – persoalan lain,” sambungnya.

Hal senada juga dikatakan Danramil Simpang Empat, S Karo Karo, “Ini masih kecil, tapi kalau tidak ditanggapi cepat, bisa berdampak besar, kalau kita sepakat berdamai, mari kita pertanggung jawabkan perdamaian ini, artinya kita akhiri permasalahan ini setelah kita berdamai, damailah seterusnya,” tegasnya.

Kades Lingga Julu, Pribadi Ginting didampingi Ketua BPD Rianto Ginting juga mengapresiasi Pemdes Lingga yang langsung berkomunikasi dengan pihaknya di TKP. “Syukurlah sekarang kita sudah duduk bersama seperti layaknya saudara,” ujarnya.

Sementara itu Pjs. Kades Lingga, Lotta Sinulingga dengan didampingi Ketua BPD Pelita Sinulingga juga mengatakan, berterima kasih kepada Kapolsek dan Danramil yang cepat dan sigap untuk mendamaikan kedua kubu.

“Kita berharap jangan sampai kejadian ini terulang lagi, dan kita berjiwa besar untuk saling memaafkan, karena kita semua saudara, kami Pemdes minta maaf kepada pihak Polsek dan Koramil Simpang Empat jika ini sudah terlanjur terjadi. Semoga ini yang terakhir,” harapnya.

Perdamaian pada hari ini diakhiri dengan penandatanganan surat perdamain yang diwakili oleh Pemdes kedua desa dan Karang Taruna pihak Polsek dan Koramil Simpang Empat. (Lia)