Adanya Informasi Pasien Terkjangkit Virus Covid-19 Bikin Gempar RSU Kabanjahe

0
102
Pasien yang dirujuk ke RSUD Kabanjahe dari RSU Amanda, dan terlihat petugas menggunakan pakaian Alat Perlindungan Diri (APD).

POSKO BERITA, KARO–Terkait adanya informasi yang beredar dan menyatakan adanya pasien yang diduga terjangkit Virus Covid-19, yang dirujuk ke RSU Kabanjahe, menyebabkan gempar dikalangan masyarakat, khususnya di sekitar Kota Kabanjahe, Sabtu (21/03).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, pasien tersebut merupakan pasien rujukan dari rumah sakit Amanda Berastagi, Karo yang dirujuk ke RSU Kabanjahe.

Ketika menurunkan pasien dari mobil Ambulance,  terlihat petugas rumah sakit memakai pakaian yang menutup diri. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat yang ada disekitaran RSU panik, berita langsung beredar yang berasumsi adanya pasien PDP.

Terpisah, Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Martin Sitepu mengatakan, pasien yang datang ke RSU Kabanjahe bukan merupakan pasien terjangkit covid-19.

Pasien yang dirawat di RSU Kabanjahe, bukan pasien covid -19, saat ini pasien masih dalam pengawasan atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), karena pasien tersebut memiliki gejala demam,” jelasnya.

Martin melanjutkan,pasien tersebut dibawah pengawasan, karena memiliki riwayat perjalanan keluar kota. “Jadi kenapa kita lakukan pemantauan, untuk berhati-hati, sedikit saja yang kita curigai langsung kita lakukan pemantauan,menjaga agar jangan nanti kalau benar-benar menyebar baru terpantau,” terangnya.

Dia kembali menegaskan supaya jangan menyebarkan berita-berita hoax, yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Sekali lagi saya tegaskan, sampai saat  tidak ada pasien yang positif covid-19 di Kabubaten Karo, kita minta janganlah menyebar berita-berita atau informasi yang belum pasti kebenarannya. Nanti informasi ini kita akan sampaikan melalui Diskominfo,” kata dia. (Lia)