Jelang Pilkada Karo 2020, KPU RI Cek Kesiapan KPU

0
45
Evi Novida Br Ginting Manik, Korvid Penyelenggara Pemilu KPU RI dikantor KPUD Karo.

POSKO BERITA, KARO–Kabupaten Karo salah satu kabupaten yang ikut menyelenggarakan pesta Demokrasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini. Untuk itu persiapan dilakuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Untuk itu kita perlu turun mengecek kesiapan ataupun kekurangan dan apa saja yang diperlukan untuk mendukung kelancaran Pilkada Karo nantinya,” jelas Evi Novida Br Ginting Manik, Korvid Penyelenggara Pemilu KPU RI dikantor KPUD Karo, Jumat (21/2/2020) diselah – selah pemeriksaan berkas kelengkapan saksi.

Baca juga: KPU Karo Gelar Ujian Tertulis Calon PPK.

Sementara itu Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan mengatakan telah melaksanakan perekrutan KPPS dan saksi, bukan hanya itu KPU juga telah melaksanakan sosialisasi ke desa – desa serta telah melaksanakan pendataan ulang data pemilih yang ada di 17 Kecamatan Sekabupaten Karo.

Ketika ditanya berapa calon yang diperkirakan maju untuk ikut bertarung memperebutkan kursi sebagai puncuk pimpinan di Bumi Turang ini, Gemar menjawab.

“Belum ada kepastian karna pembukaan calon dari partai politik belum dibuka, sementara untuk calon perorangan/independen yang mendaftar sampai hari ini baru dua pasangan calon yakni Cuaca Bangun – Agen Morgan Purba dan Iwan Depari – Wasit Indra Ginting,” jawab dia.

Pendaftaran akan di buka hingga 23 Februari 2020. Namun yang baru mengopload data kesitus informasi pencalonan (silon) KPU baru dua pasangan independen.

“Sesuai tahapan yang harus dipenuhi calon Independen sulit rasanya menyelesaikan data dalam tiga hari, untuk mengimput data ke aplikasi silon minimal 23.900 KTP, itu tentu bukan hal mudah,” ujar dia.

Dari informasi yang didapatkan POSKO BERITA, sejauh ini masih dua pasangan calon. Sedangkan mantan Bupati Karo Kena Ukur Surbakti (Karo Jambi) yang sempat mencalonkan diri beberapa waktu lalu menyatakan mengundurkan diri. (Lia)