Sanksi Denda Dihapus, Bapenda Imbau Warga Bayar PBB

0
199

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mengeluarkan kebijakan penghapusan denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Penghapusan denda tersebut berdasarkan Keputusan Bupati No 973 Kep-Bapenda/2019, tentang penghapusan sanksi administrasi berupa denda atas piutang pajak bumi bangunan perdedaan dan perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Bekasi Tahun 2019.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Herman Hanafi menuturkan, tujuan kebijakan penghapusan denda pada PBB, bertujuan untuk mengajak  masyarakat patuh terhadap kewajiban membayar PBB.

Meskipun secara target capaian PBB sudah melampui batas atau sudah tercapai sejak bulan Oktober. Herman menjelaskan, kebijakan penghapusan denda pada PBB yang dikembalikan dikeluarkan melalui keputusan bupati untuk mengetahui kenapa alasan warga tidak ingin melakukan pembayaran PBB yang merupakan kewajiban setiap tahunnya.

“Sebelumnya dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Kabupaten Bekasi, kami sudah mengeluarkan kebijakan penghapusan denda. Saat itu memang untuk mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun saat ini subtansi kami adanya kembali penghapusan denda PBB untuk mengedukasi warga supaya taat terhadap pajak, “kata Herman, Kamis, (21/11/2019).

Dengan kebijakan tersebut, Herman meyakini dapat mengidentifikasi masalah warga yang belum melakukan pembayaran PBB. Ia menuturkan, apakah karena keterbatasan biaya, atau kesulitan pelayanan.

Menurut dia, hal tersebut masih dalam kajiannya demi menimbulkan stimulus dari warga.

“Jadi kami berharap warga untuk melakukan pembayaran PBB, sebab pembayaran pajak ini merupakan sumbangsi masyarakat untuk pembangunan daerah,”katanya.

Selain itu, untuk pelayanan Herman memaparkan, masyarakat yang ingin melakukan pembayaran dapat kemudahan. Yakni melalui kantor kecamatan, toko modern seperti alfamart dan indomart serta BJB terdekat. Sekadar diketahui, untuk pengapusan sanksi piutang denda PBB diberlakukan terhitung tanggal 20 November – 20 Desember. (vic/adv)