Puluhan Pelajar di Karo Sering Bolos Sekolah Terjaring Satpol PP

0
166
DIBERIKAN HUKUMAN: Satpol PP Kabupaten Karo memberikan hukuman kepada puluhan pelajar yang bolos sekolah, pada Senin (18/11/2019). // FOTO DEWI PRIHATIN

POSKOBERITA.COM, TANAH KARO – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berhasil mengamankan 9 orang pelajar SMP dan 47 orang pelajar SMA, pada Senin (18/11/2019).

Puluhan pelajar yang berhasil diangkut oleh Satpol PP hasil rajia pekat yang dilakukan di wilayah Kabanjahe dan Berastagi. Pasalnya, para pelajar tersebut berkeliaran di jam sekolah pada pukul 09.18 WIB, yang disinyalir bolos sekolah.

“Mereka ini diamankan oleh Satpol PP, karena bolos dari sekolah masing- masing. Mereka pergi dari rumah tapi tidak masuk sekolah,” kata Sekretaris Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Karo, Hendrik Sinuligga kepada poskoberita.com.

Dikatakan Hendrik, para pelajar yang terjaring berhasil diamankan, setelah ketahuan saat asyik bermain di warung internet (Warnet) dan ada juga yang sedang santai di warung kopi (Warkop).

“Rajia pekat ini rencananya akan rutin diadakan seminggu sekali, mengingat banyaknya pelajar yang bolos dan nongkrong di warnet atau warkop pada jam pelajaran sekolah,” jelas dia.

Ditambahkan Hendrik, para pelajar diberikan bermacam hukuman seperti baris-berbaris, menyanyikan lagu nasional, melafalkan teks Pancasila  dan membuat pernyataan perjanjian untuk tidak mengulangi kembali perbuatannya.

“Para pelajar rencananya akan dipulangkan setelah orangtua mereka masing-masing datang menjemput,” pungkasnya. (dew/taj)