Terkait Penyegelan SDN Karangrahayu 01, Pemkab Bekasi Segera Lakukan Langkah Penyelesaian Dengan Pemilik Tanah

0
84
Foto Humas Pemkab Bekasi

POSKOBERITA.COM, KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan segera melakukan langkah-langkah penyelesaian permasalahan pembayaran lahan dengan pemilik tanah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karang Rahayu 01, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Hal ini terkait kegiatan penyegelan SDN Karang Rahayu 01 oleh Tim Kuasa Hukum pemilik tanah atas Nama Yakoeb Adrianto pada Jumat (25/10/2019). Penyegelan dilakukan dikarenakan tidak terpenuhinya tuntutan pemilik tanah, akan pembayaran  yang belum dibayarkan oleh Pemerintah Daerah sejak putusan Pengadilan Negeri dengan Perkara Nomor: 200/Pdt.G/2017/PN.Bks dikeluarkan.

“Akibat tindakan penyegelan sekolah tersebut, Pemerintah Daerah  akan menempuh langkah penyelesaian dengan pemilik lahan agar berkenan menunggu pembayaran di Tahun 2020, dengan surat jaminan. Jika poin satu ditolak oleh pemilik lahan, dan tetap meminta Pemerintah Daerah mengosongkan lahan, maka kegiatan belajar mengajar SDN Karang Rahayu 01 dipindahkan ke sekolah-sekolah negeri lain yang terdekat,” demikian ujar Carwinda, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi.

Dirinya menambahkan, bahwa pasca putusan tersebut Pemerintah Kabupaten Bekasi sudahmelakukan pembahasan dan anggaran untuk pembayaran kepada ahli waris lahan, dan sudah dialokasikan di rencana APBD Kabupaten Bekasi Tahun 2020.

“Mudah-mudahan ahli waris bersedia untuk memberikan kesempatan kepada Pemkab untuk menyelesaikan pembayaran di tahun mendatang, dan dengan ikhlas menjamin anak-anak murid dan pihak sekolah SDN Karang Rahayu 01 untuk melakukan kegiatan belajar mengajar sebagaimana biasanya,” harapnya.

Dengan adanya rencana pemindahan kegiatan belajar mengajar, berikut ini rencana pembagian Rombongan Belajar (Rombel) SDN Karang Rahayu 01, yang dijabarkan sebagai berikut:

  • Kelas I sebanyak 4 Rombel dan Kelas II sebanyak 3 Rombel berpindah ke SDN Karang Rahayu 03;
  • Kelas III dan Kelas IV masing-masing sebanyak 3 Rombel berpindah ke SDN Karang Rahayu 04;
  • dan Kelas V dan VI masing-masing sebanyak 3 Rombel berpindah ke SDN Karang Setia 02.

Disampaikan kemudian, bahwa mulai hari Senin (28/10/2019), guru dan siswa-siswi untuk sementara dapat melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah tersebut.

Sebelumnya, pembayaran lahan SDN Karang Rahayu 01, sesuai dengan tuntutan ahli waris tanah, tidak dapat terlaksana. Sebab, hal tersebut terjadi di akhir Tahun 2018, dimana rancangan APBD Kabupaten Bekasi untuk Tahun 2019 telah ditetapkan. (*/ADV)