Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pengelolaan Arsip Aktif dan Inaktif Kecamatan Cibitung

0
67

BEKASI, POSKOBERITA.COM – Pemerintah daerah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi terus melakukan pembinaan tata cara penataan kearsipan bagi perangkat daerah.
Hal itu diungkapkan, Kepala Seksi Kearsipan Dinamis, Syarif Widodo seusai melakukan pembinaan Staf Kecamatan Cibitung dan Staf Kelurahan Wanasari di Aula Kecamatan, Selasa (9/7/2019).

Dirinya mengatakan, pembinaan penataan arsip dilakukan terhadap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang difokuskan pada peningkatan pemahaman, kemampuan, dan kemandiriannya sebagai pengelola arsip aktif dan inaktif. Arsip dinamis seperti arsip keuangan, kepegawaian, kependudukan.
“Kami melakukan pembinaan di setiap kecamatan karena merupakan salah satu program kerja kami. Dan Alhamdulillah, mereka sangat intens untuk memahami pentingnya penataan arsip itu,”kata Syarif.

Ia menjelaskan pentingnya penataan arsip sebagai upaya agar penyelenggaraan tata kelola kearsipan bisa maksimal karena tata kelolanya terus berkelanjutan. Untuk di setiap kecamatan, kata Syarif. Penataannya data arsip masih konfensional belum mengarah digital.
“Disini penataan arsipnya masih konfensional belum mengarah digital,”katanya.

Sementara itu, Camat Cibitung, H. Hasan Basri sangat apresiasi atas pembinaan penataan arsip dari dinas kearsipan dan perpustakaan yang diikuti seluruh staf karyawan kecamatan dan kelurahan wanasari.
“Pembinaan kearsipan yang dilakukan sangatlah membantu untuk meningkatkan SDM Staf Kecamatan dan Kelurahan karena sifatnya berkelanjutan,”jelasnya.

Lebihlanjut Hasan Basri mengatakan, tujuan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan agar penataan dan penyimpanan arsip ditiap kantor berjalan dengan baik.
“Untuk arsip kantor seperti dok surat dan penyimpanannya seperti lemari dan filling kabinet, intinya biar rapi dan tertata serta aman,”tutur Camat Cibitung .(ane)