Warga Bekasi Riuh Hadiri Open House Jokowi Untuk Rakyat

0
261

JAKARTA, POSKOBERITA.COM – 5 Juni 2019 kemaren Presiden Joko Widodo gelar Open House di Istana Negara, Jakarta. Ribuan orang membludak, antre mengucapkan selamat hari raya untuk Jokowi yang baru terpilih untuk periode kedua. Antrean yang coba ditata rapi dari Silang Monas Barat Laut, pelataran Kementerian Sekretariat Negara hingga dalam Istana Negara menjadi riuh karena banyaknya masyarakat yang datang dan terlalu lama menunggu.

Jokowi membuat ‘surprise’. Ia keluar Istana. Tak hanya menghampiri pengantre di tenda Kemensetneg, tapi juga menuju Monas, menggunakan mobil golf bersama Ibu Negara Iriana dan Mensesneg Pratikno.

Di sekitar Silang Monas, Jokowi menyampaikan permohonan maaf bagi ratusan atau bahkan ribuan masyarakat yang masih memadati area tersebut. Banyaknya masyarakat yang hadir membuat dirinya tak dapat melayani satu per satu permintaan warga untuk bertemu dan berfoto bersama.

“Saya mohon maaf, karena yang di Istana yang antre juga masih banyak, yang di sini jauh lebih banyak, sehingga saya lebih baik datang ke sini,” kata Jokowi.

Daniel Soeprijadi asal Jakarta Timur, mengaku datang sejak pagi untuk bertemu idolanya. Ia sedikit kecewa karena tak bisa langsung bersalaman dengan Jokowi karena banyaknya massa berdesakan di Monas. Tapi hatinya tetap bersuka karena Jokowi sebagai pemimpin mau datang mendekati rakyatnya.

“Dari beliau saya belajar bagaimana jadi pemimpin yang merakyat, pekerja keras, satunya kata dengan perbuatan, bernyali dalam mengeksekusi suatu kebijakan, dan mau mendengar suara rakyat,” kata Daniel yang tersenyum karena sebagian wajahnya nampak dalam kerumunan massa di rilis foto resmi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

“Bagi saya acara ini sangat berkesan. Bisa bertemu langsung dengan Pak Jokowi, meski dalam kerumunan yang sangat padat. Membuktikan Pak Jokowi disayang dengan tulus sekaligus dihormati rakyatnya. Buktinya banyak yang datang sejak subuh seperti saya demi bisa bersalaman dengan Pak Jokowi,” kata Rusianti Yu, warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang juga menanti sejak pagi.

Rusi merasa, bertemu dengan Jokowi seperti sungkem dengan orangtua sendiri.

“Untungnya, panitia mempersiapkan makanan lezat begitu banyak dan hiburan, sehingga rakyat yang berangkat subuh pulang lagi dengan perut kenyang hehe,” katanya.

Pendapat senada datang dari Munan Supriyanto, warga Bekasi. “Saya salut dengan sikap Pak Jokowi. Beliau sampai datang ke Monas, menyapa warga yang tak bisa masuk ke Istana Negara. Benar-benar sosok pemimpin yang rendah hati, dekat dan melayani rakyat,” kata warga Kabupaten Bekasi ini.

Selain bersilaturahmi dengan warga yang datang ke Istana Negara, malam sebelumnya, Jokowi membagi sembako bagi masyarakat di kawasan Otista dan Istana Kepresidenan Bogor. Tak sampai di situ, Jokowi pun melakukan kegiatan serupa, membagi bingkisan Lebaran di Tambora, salah satu kecamatan padat penduduk di Jakarta Barat. (nan)