Peringati May Day, Pemkab Bekasi: Globalisasi Revolusi Industri 4.0

0
199
Piagam : Asda 1 Kab.Bekasi, Carwinda, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara, Apindo, Pengusaha dan perwakilan buruh memperlihatkan piagam kerjasama antara Pemkab Bekasi dengan Pengusaha.

BEKASI, POSKOBERITA.COM – Ribuan buruh Kabupaten Bekasi merayakan Hari Buruh (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Kegiatan tersebut dipusatkan di Central Park Meikarta Lippo Cikarang, Rabu (1/5/19).

Dalam kegiatan tersebut digelar beragam kegiatan mulai dari pengobatan gratis, panggung hiburan, pemberian doorprize, kuliner, pembuatan akte dan KK gratis, maupun pelayanan SIM secara gratis.

Asisten Kesejahteraan Administrasi (Asda 1) Kabupaten Bekasi, Carwinda dalam hal ini mewakili Plt. Bupati Bekasi mengatakan dalam sambutannya, permasalahan ketenagakerjaan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bekasi adalah masalah kesempatan kerja bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi.

Kerjasama : Asda 1 Kab.Bekasi, Carwinda melakukan Penandatanganan Kerjasama Pemerintah Daerah antara pekerja dan pengusaha melalui hubungan kerjasama tripartit dan bipartit.

Oleh karena itu, kata Carwinda melalui kesempatan ini Ia berharap kepada para pekerja yang sudah terikat dalam hubungan kerja agar tetap menjalankan tugas dan pekerjaan dengan selalu berupaya meningkatkan kinerja kerja dilingkungan kerjanya masing-masing.

Kerjasama Pemerintah Daerah antara pekerja dan pengusaha melalui hubungan kerjasama tripartit dan bipartit yang sudah terjalin dengan baik, untuk terus ditingkatkan agar dapat menjawab tantangan kedepan yang sangat besar yaitu menghadapi globalisasi revolusi industri 4.0

“Salah satu upaya dalam menciptakan kesempatan kerja dapat dilakukan melalui peningkatan keterampilan dan pelatihan kerja sehingga diharapkan memiliki keterampilan berbasis kompetensi maupun berbasis wirausaha,” ungkapnya.

“Dengan pelatihan-pelatihan yang diperoleh, nantinya bisa menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain,”imbuhnya.

Lebihlanjut Carwinda, dalam kesempatan ini dirinya juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bekasi melalui pembangunan SDM, pekerja yang dapat berkompeten dibidang produksi melalui pelatihan, baik yang sudah dilaksanakan pemerintah maupun pihak-pihak swasta yang lain.

Perayaan Hari Buruh (May Day) yang selama ini identik dengan aksi demontrasi turun di jalan kini telah diubah dengan perayaan dan hiburan. Sehingga pergerakan buruh dan pekerja lebih positif dan objektif.

“Perayaan may day juga harus dijadikan momentum untuk meningkatkan reputasi dan pergerakan buruh. Bagaimana caranya ke depan membuat perayaan may day bisa menjadi daya tarik bagi pariwisata Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Masih kata Carwinda, Kabupaten Bekasi saat ini telah berusaha menganggarkan pembangunan untuk gedung lks tripartit sebesar 10 milyar rupiah.

“Kebijakan pembangunan ketenagakerjaan saat ini sengaja dititikberatkan pada upaya perluasan kesempatan kerja, juga dilakukan oleh program kegiatan pelatihan kerja dan usaha kecil menengah terpadu agar tercipta lingkungan yang kondusif agar tumbuh dan berkembangnya investasi sebagai upaya perluasan kesempatan kerja dimasa mendatang,” katanya.

Disamping itu juga diupayakan dengan memberikan kemudahan-kemudahan kepada para investor-investor, baik investor dalam negeri maupun investor luar negeri untuk menanamkan modalnya di indonesia khususnya di Kabupaten Bekasi.

“Untuk dapat menarik investor tersebut Pemkab Bekasi telah membuat kantor satu atap dalam rangka memudahkan pelayanan-pelayanan perizinan di Kabupaten Bekasi,”tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Candra Sukma Kumara mengatakan perayaan May Day yang dipusatkan di Central Park Lippo Cikarang ini dengan harapan kita menciptakan suasana hari buruh, mayday is a creative day.

Candra menjelaskan kegiatan panggung hiburan akan dimeriahkan oleh Tri Macan, SUCA, maupun penampilan DJ. Ada juga pengobatan gratis dan pelayanan SIM gratis.

SIM Gratis : Perpanjang dan pembuatan SIM baru gratis bagi para buruh di Sentral park Meikarta, Rabu (1/5/2019).

“Ada pengobatan gratis, pengurusan surat-surat tanah. Kita juga ada doorprizenya dengan hadiah satu unit mobil, lima unit motor dan macam lainnya,” jelasnya.

“Untuk pelayanan SIM gratis mulai dari perpanjang SIM hingga pembuatan SIM baru. “Pembuatan SIM gratis untuk 300 orang, untuk perpanjangan SIM tersedia 200 orang. Kita juga ada SKCK gratis,” imbuhnya.

Ia menambahkan banyaknya rangkaian kegiatan yang ada, diharapkan para buruh bisa merayakan May Day penuh kebahagiaan.

“Kita persilahkan kawan-kawan buruh pada datang, buruh harus kit fasilitasi ini apalagi Bekasi kawasan industri terbesae se-Asia Tenggara. Saya berharap May Day itu tidak seperti dulu, tapi May Day itu jadi hari-hari menyenangkan,” paparnya.(Adv)