Akibat Bahan dari Kardus Kotak KPU Rusak hingga Ribuan Surat Suara Diganti

0
148
Istimewa

POSKOBERITA.COM, BEKASI – Ribuan surat dan kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Bekasi mengalami kerusakan akibat terkena air hujan. Pasalnya, di Kabupaten Bekasi memang diguyur hujan sejak Selasa (16/04/2019) siang.

Surat dan kotak suara yang rusak terjadi untuk KPPS di wilayah Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, meminta kotak suara dari Tangerang dan Surat Suara dari Purwakarta.

Dengan adanya kondisi tersebut, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin membenarkan dengan kondisi tersebut. Namun, dirinya sudah berkoordinasi dengan KPU Jawa Barat, Bawaslu Kabupaten Bekasi dan Bawaslu Jawa Barat.

“Iya (kotak dan surat suara, red) tadi siang (terkena air, red). Malam ini sedang mengambil pengganti di KPU RI,” kata Jajang, via seluler.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Akbar Khadafi mengatakan, sedang melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten Bekasi dan Bawaslu Jawa Barat, agar surat dan kotak suara yang rusak cepat teratasi. Apalagi, pelaksanaan Pemilu memang sudah hitungan jam.

“Kaitan dengan kotak suara yang rusak di Desa Jatireja Cikarang Timur, kita sudah berkoordinasi dengan KPU, ada Bawaslu Jawa Barat hari ini,” kata Akbar saat dihubungi poskoberita.com.

Dikatakan Akbar – sapaan akrabnya, KPU Kabupaten Bekasi langsung bergerak cepat saat mengetahui ada beberapa kotak dan surat suara yang rusak, akibat terkena air hujan. Kendati demikian, Akbar memastikan kondisi bahan yang rusak, akan digantikan sesuai jumlah yang dibutuhkan.

“Malam ini memang KPU sedang mengambil kotak suara di Tangerang. Kotak suara yang kekurangan dengan kejadian malam ini. Surat suara memang ada 3260 (yang rusak, red),” ucapnya.

“Untuk DPD RI yang mengalami basah, KPU Kabupaten Bekasi langsung sigap, berkordinasi dengan Jawa Barat. Ada beberapa surat suara yang DPD ada yang mau diambil di beberapa daerah untuk melengkapi yang kekurangan,” sambung dia.

Ditambahkan Akbar, proses terselenggaranya Pemilu di Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Bawaslu Kabupaten Bekasi berharap pada Rabu (17/04/2019) pagi, akan terlaksana dengan lancar, tanpa adanya hambatan.

“Ya mudah-mudahan pagi ini terpenuhi semua, insyaallah lancarlah pelaksanaan pemilu semua,” pungkasnya. (vic/red)