Terkait Kunjungan Ma’ruf Amin, Alumni Gontor Adukan CNN Indonesia ke Dewan Pers

0
576

POSKOBERITA.COM, JAKARTA – Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) Kabupaten Bekasi melaporkan CNN Indonesia kepada Dewan Pers terkait penayangan berita kunjungan Ma’ruf Amin ke Pondok Modern Gontor, Selasa (22/1/2019) lalu.

Perwakilan IKPM Kabupaten Bekasi, Maulana Arief mengatakan, CNN Indonesia telah melakukan framing seolah Ponpes Gontor dengan dengan seluruh santri dan alumninya memberi dukungan kepada KH. Ma’ruf Amin sebagai cawapres pada Pilpres 2019.

Padahal Pondok Modern Gontor sebagai sebuah lembaga pendidikan memiliki sikap tegas setiap menghadapi kontestasi politik termasuk Pilpres 2019.

“Pesantren Gontor tidak akan pernah terlibat dalam politik praktis. Yang berkunjung ke Gontor bukan hanya Ma’ruf Amin, tetapi juga Prabowo Subianto. Dan keduanya sama-sama diterima oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor tapi tidak diperbolehkan berceramah di depan santri,” tegasnya.

Dalam berita yang juga ditayangkan di channel youtube lewat link berikut: https://youtu.be/AVio2Pk8BQM tersebut, antara narasi berita dan gambar yang ditayangkan tidak ada kaitannya. Narasi berita menyatakan kunjungan Ma’ruf Amin ke Gontor, tetapi gambarnya acara Ma’ruf Amin dengan Bupati Ngawi bersama Mafia Solawat.

Untuk itu pihaknya meminta Dewan Pers untuk segera  menindaklanjuti laporan terkait berita kunjungan Ma’ruf Amin tersebut yang dinilai telah  melanggar kaidah jurnalistik dan melakukan pembodohan terhadap publik. (Mc)