Wow, SMP Tertua di Bekasi Raih Segudang Prestasi

0
366

*** 2018 Torehkan 113 Prestasi

POSKOBERITA.COM, BEKASIРSekolah Paling Tuan di Bekasi  yakni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tambun Selatan menorehkan prestasi gemilang di setiap ajang bergengsi.

Sekolah yang merupakan paling besar dan paling tua, berdiri tahun 1959 dan tahun 2019 ini yang ke-60 tahun. Di Tahun 2018 telah menorehkan 113 prestasi disetiap ajang, dari tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional.

Kendati demikian prestasi yang ditorehkan tahun sebelumnya menjadi acuan tahun 2019 ini. Itu yang membuat motivasi untuk mempertahankan dan lebih baik lagi.

Hal itu dibeberkan Kepala SMPN 1 Tambun Selatan, Annisa yang merupakan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Bekasi.

Annisa menerangkan pada tahun 2018 tersebut SMPN 1 Tambun Selatan banyak menorehkan prestasi yang bergengsi, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) Juara 1 Tingkat Nasional, mewakili Kabupaten Bekasi di tingkat Provinsi diajang Kepala Sekolah Terbaik, Juara 1 K7 yang digelar Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Bekasi, kemudian Juara 1 OSN IPS tingkat Kabupaten Bekasi, ikut mengisi PRB dan Menjadi Stand Favorit serta menjadi percontohan Sekolah Ramah Anak Kabupaten Bekasi dan mendapatkan penghargaan Sekolah Hemat Energi dari Menteri ESDM.

“Kita juga berhasil menjadi juara 1 di OSN IPS yang di gelar Uhamka dan 12 siswa terpilih dalam Pembinaan Olahraga Berprestasi, masih banyak prestasi yang lainnya ada 113 prestasi di tahun 2018,” ucap Kepala Sekolah Annisa yang menjabat pada Januari 2018.

Ungkapnya, di bidang leterasi pun menjadi unggulan berpestasi di Sekolah Kabupaten Bekasi, prestasi puncaknya pada Ujian Nasional (UN) 2017/2018, SMPN 1 Tambun Selatan adalah sekolah dengan perolehan nilai rata-rata UN tertinggi untuk SMP Negeri.

“Selain menorehkan berbagai prestasi, Saya Sebagai Kepala Sekolah Beprestasi juga melakukan pembinaan Guru PPKN berkonstitusi serta membina guru berprestasi,” kata Annisa yang juga pernah menjabat Kepala SMPN 13 Tambun Selatan, berhasil menorehkan Juara 2 di ajang K7 dan sebagai sekolah berbudaya lingkungan, Raksa Prasada tingkat Provinsi.

Sekolah Unggul Segala Bidang

Dalam berbagai prestasi yang di torehkan, segala bidang pun tak luput dalam racikan Annisa agar unggul di semua bidang. Ya, dalam racikannya itu di SMPN 1 Tambun Selatan juga diterapkan hidup bersih, religius, pembentukan karakter dan berjiwa sosial.

“Kami buat Clean action itu kegiatan bersih-bersih sekolah pada hari kamis, pembiasaan nilai-nilai religius agama ada di hari jumat dengan membaca surat-surat al-quran, yang paling pokok adalah menanam jiwa nasionalisme dengan upacara bendera, upacara bendera di kita yang hebat adalah anak-anak sudah menyanyikan indonesia raya dengan tiga stanza, jarang ada sekolah yang bisa,” tuturnya.

Jiwa sosial itu penting ditanamkan kepada siswa dan siswi disekolah yang ia pimpinannya, dirinya menjelaskan beberapa waktu lalu ada bencana di Palu Donggala pihaknya memberikan bantuan kebutuhan para korban dan juga serta bencana di Banten pun dirinya ikut serta terjun langsung memberikan bantuan kepada para korban bencana.

“Beberapa waktu yang lalu saya ke Banten, sikap peduli kepada masyarakat sekitar sangat luar biasa, kemarin kita langsung memberikan bantuan ke banten karena ada beberapa kebutuhan yang mendesak, kemarin bawa kompor, gas 3kg, pakaian layak pakai sekitar 23 karung,” ungkapnya.

Annisa pun tidak berpuas diri dengan hasil yang ditorehkan tahun sebelumnya, pekerjaan lebih berat menanti untuk mempertahankan dan dia juga mengapresiasi kepada semua pihak sekolah yang ikut serta membantu dirinya agar membuat sekolah berprestasi di segala bidang, menurut dia hasil itu merupakan bukan hasil keringatnya sendiri tetapi hasil kerja keras bersama semua pihak terhadap SMPN 1 Tambun Selatan.

“Saya hanya mempertahankan apa yang sudah menjadi tradisi emas SMPN 1 Tambun Selatan dan memberikan yang terbaik serta totalitas agar terciptanya siswa-siswi yang berprestasi di segala bidang dan berkarater serta berakhlak mulia,” tandasnya. (can)