Kades Lambangsari Ajak Warganya Deteksi Dini Penyakit

0
350

Melakukan Seminar Kesehatan

POSKOBERITA.COM, TAMBUN SELATAN-Pemerintahan Desa Lambang Sari menggelar pengobatan gratis dan pengajian majelis tallim, di Kantor Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Sabtu (10/11). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Pahlawan, Hari Kesehatan Nasional dan Pembukaan Pengajian Majelis Tallim.

Kepala Desa Lambang Sari, Pipit Haryanti mengatakan Pemerintah Desa Lambangsari melakukan tiga kegiatan, yang pertama pembukaan pengajian Majelis Tallim Desa Lambangsari, yang kedua Hari Pahlawan, yang ketiga kebetulan tanggal 12 nanti adalah hari Kesehatan Nasional.

“Nah tiga kegiatan kita jadikan satu, HKN yang ke 54, ini kita bekerja sama dengan instansi terkait kesehatan, seperti Puskesmas Lambangsari, Rumah Sakit Hermina Grandwisata,” ucap Pipit kepada media.

Terang dia, untuk kegiatannya terdiri dari senam jantung yang dimulai dari pagi, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pengajian seperti biasa yassin dan tahlil, namun yang membedakan itu pihaknya tidak isi dengan penceramah agama, tetapi kegiatan ini kita isi dengan seminar kesehatan tentang deteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara.

“Jadi jasmani sehat dan rohaninya sehat, mudah-mudahan sehat lahir batin,” kata dia

“Untuk antusias warga Desa Lambangsari sendiri sangat luar biasa, hari ini yang saya undang RT, RW, aparatur desa dan ibu-ibu majelis talim sedesa Lambangsari dan alhamdulilah aula penuh, antusiasnya luar biasa, karena masyarakat penting harus dapat informasi kesehatan,” sambung dia.

Pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Hermina agar masyarakat sekitar terjamin kesehatannya.

“Terkait memang kami Pemerintah Desa Lambangsari menjalin kerja sama, karena Rumah Sakit Hermina ini ada di Desa Lambangsari, jadi harus memaksimalkan pelayanan kepada warga Desa Lambangsari, itu yang menjadi fokus utama kita sebenarnya, makanya kami 3 srikandi, Kepala Desa Lambangsari, Kapuskes Lambangsari, Dirut Rumah Sakit Hermina ini kita membuat kerja sama terkait pelayanan kesehatan di masyarakat,” ujarnya.

Pipit berharap dsngan bekerjasama dengan Rumah Sakit Hermina tersebut, uang pemerintah ini tidak habis dalam pengobatan, menurut dia, bagaimana warga Lambangsari tidak banyak yang sakit, jadi lebih ke pencegahannya, jadi nanti kedepannya kerjasama itu akan mengadakan senam rutin, kemudian mengadakan penyuluhan kesehatan rutin dan disenergikan dengan program yang ada di Desa.

“Saya ada program saba RT dan saba RW, ini salah satunya selain berkumpul dengan masyarakat, evaluasi masalah yang ada di masyarakat dan juga di dalamnya ada seminar pembelajaran kesehatan yang akan diisi dengan dokter-dokter yang ada dari Rumah Sakit Hermina Grandwisata,” tandasnya. (can/ane)