Pelantikan Kepala Desa Tetap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

0
142
Ilustrasi

***Meski Banyak Perselisihan Dalam PilKades

POSKOBERITA.COM, CIKARANG PUSAT-Pemilihan 154 Kepala Desa  telah selesai dan sukses dihelat pada 26 Agustus 2018. Walaupun hingga saat ini masih menyisakan perselisihan dan persoalan dalam hasil pemilihan Kepala Desa.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty kepada media, Kamis (6/9).”Alhamdulilah pemilihan untuk 154 kepala desa telah selesai dan lancar di gelar di setiap desa,” tuturnya.

Dirinya memastikan pelantikan Kepala Desa akan tetap dilaksanakan pada tanggal 28 september. Diketahui, ada delapan desa yang tidak puas dengan hasil pemilihan Kepala Desa serentak 2018 dan bahkan ada yang menggugat sampai ke PTUN. “Pelantikan Kepala desa akan tetap dilakukan pada 28 September 2018,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Aat Barhaty mengatakan, didalam pasal 31 Pergub nomor 5 tahun 2018 apabila ada terjadi perselisihan, maka perselisihan itu akan diselesaikan oleh Bupati.”Bupati memberikan kewenangan kepada panitia pemilihan untuk menyelesaikan hal itu,” ucap dia.

Hingga saat ini pihaknya masih menampung apa yang menjadi laporan ketidakpuasan dan apa yang menjadi perselisihan baik yang ada di panitia maupun yang ada di para calon.”Sampai hari ini kita masih mengiventariskan calon-calon yang merasa kurang puas dan calon-calon yang merasa dirugikan,” kata dia.

Dalam beberapa hari kedepan pihaknya akan memanggil para panitia pemilihan Kepala Desa untuk dimintai keterangan mengapa bisa terjadi demikian.”Sementara ini kita masih mengacu kepada surat edaran bupati bahwa pelantikan tanggal 28 september 2018, kalau itu masih berujung sampai ke pengadilan dan belum bisa diputuskan pelantikan tidak akan diundur dan untuk yang masih ada perselisihan, nanti mereka pelantikannya belakangan,” tandasnya.(can)