Wakil Bupati : Penerapan Prinsip Koperasi Diperlukan Agar Bisa Maju dan Berdaya Saing

0
20
POSKOBERITA.COM, CIKARANG-Wakil Bupati Bekasi, Eka Supria Admaja menyampaikan, Koperasi akan semakin berdaya bersaing dan maju apabila mampu menerapkan prinsip koperasi secara konsisten dan mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis.
Oleh karena itu, diperlukan pula sinergi kolaborasi pemerintah pusat dan daerah bersama seluruh stakeholder dalam pemberdayaan koperasi. Dalam membantu pelaku koperasi dan UMKM pemerintah telah mengeluarkan peraturan pemerintah (PP) 23 tahun 2018 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima.
“Pemerintah telah menerbitkan PP 23 Tahun 2018 itu nanti yang membantu pelaku koprasi dan UMKM,” tuturnya seusai peringati Hari Koperasi nasional (harkopnas) yang disatukan dengan UMKM Bekasi Expo di Cikarang.
Bahkan, kata Wakil Bupati Bekasi, upaya strategis sumber daya informasi dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM saat ini adalah melalui “program reformasi total koperasi” dengan rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi. Dengan melakukan pendekatan,Kemudian mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya bukan lagi pada kuantitas dan juga melakukan pengembangan koperasi disetiap lavel.
Selain itu pemerintah terus membantu mengatasi masalah koperasi khususnya dalam bidang peningkatan kualitas SDM, pengembangan produksi, pemasaran dan permodalan koperasi.
Oleh karena itu koperasi mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan anggota Agar koperasi mempunyai anggota yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan koperasi tersebut.
“koperasi juga perlu melakukan upaya promosi ekonomi anggota, manajemen koperasi terlaksana,” katanya.
Maka,Dirinya berharap terjadi Sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan peranannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.(ane)