Gertak Upaya Pemkab Bekasi Sukseskan Swasembada Pangan

0
199
Wakil Bupati, Eka Supria Admaja mencoba alat modern menanam bibit padi di Gerakan Percepatan Tanam Padi Serentak (Gertak) di desa Cipayung kecamatan Cikarang Timur, Kamis (30/8)

POSKOBERITA.COM, CIKARANG TIMUR-Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian  bersama unsur Muspida melakukan Gerakan Percepatan Tanam Padi Serentak (Gertak) di desa Cipayung kecamatan Cikarang Timur, Kamis (30/8)

Wakil Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan, melalui Gertak MT. 2018 diharapkan adanya peningkatan indeks pertanaman, yang sebelumnya hanya 2x tanam dalam setahun, bisa menjadi 3x tanam dalam setahun.

Selain itu, adanya alih teknologi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana pertanian yang lebih modern akan mempercepat upaya peningkatan kemampuan petani terhadap pola budidaya tradisional menjadi modern.

“Saya harap para petani yang ada di kabupaten bekasi bisa menggunakan alat-alat modern yang ada, karena masih banyak para petani kita yang belum bisa menggunakan alat tersebut, maka dari itu, untuk mempermudah para petani kita akan berikan sosialisasi mengenai penggunaan alat tersebut,” ucapnya.

Lebihlanjut Eka menyampaikan, dengan adanya gertak bisa menjadi motivasi bagi petani untuk bisa meningkatkan hasil pertanian. karena kalau tidak dipertahankan mungkin lama kelamaan akan habis.

Untuk itu, pemerintah berupaya untuk menetapkan regulasi/aturan agar lahan pertanian kita tetap meningkat.

“Semoga para petani dapat memanfaatkan segala bantuan yang sudah diberikan dari kementrian pertanian, dari provinsi jawa barat serta kabupaten bekasi. Bantuan itu kita perlukan guna mencapai target produksi padi sebesar 582.246 Ton GKG pada tahun 2018,” tutupnya.

Kemudian dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Petanian Abdullah Karim mengungkapkan pelaksanaan Gertak MT. 2018 dilatarbelakangi target pencapaian luas tanam padi 2018 yang belum maksimal.

Berdasarkan data bahwa pencapaian luas tambah tanam padi 2018 baru mencapai 62,46% atau 29,417 ha dari sasaran 47.000 ha.

“Gertak ini merupakan salah satu upaya pemda kabupaten bekasi dalam mengejar target pencapaian luas tambah tanam dengan bantuan benih padi implida sebanyak 9.630 kg dengan luas areal 385,2 ha,” tuturnya.

Selain itu, bersamaan dengan program kegiatan gertak juga dilakukan kegiatan dem area padi sehat seluas 25 ha dan demplot pupuk organik cair seluas 10 ha menggunakan ekstragen dan prima agro tech.(can)