Lapas Kelas lll Cikarang Berikan Remisi 707 Napi

0
431

POSKOBERITA.COM, CIKARANG-Sebanyak 707 Narapidana Lembaga Permasyarakatan (lapas) Kelas lll Cikarang diberikan Remisi yang merupakan pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kasubsi Administrasi Orientasi, Sunoto selepas melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapas Kelas III Cikarang, Jum’at (17/8/18).

Dirinya mengatakan, berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, Pasal 1 Ayat 6 Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999, dan Pasal 34 Peraturan Pemerintah No. 99 Tahun 1999 tentang Pemberian Remisi Umum.

“Perlu kami sampaikan bahwa saat ini (per 16 Agustus 2018) penghuni Lapas berjumlah 1.596 orang Narapidana 1408 Orang dan Tahanan titipan kejaksaan 188 orang . Dari jumlah tersebut yang memperoleh Remisi ada 707 orang, ” bebernya.

Sedangkan, Lima orang Narapidana yang tercantum dalam RU ll masih harus menjalani subsider (pengganti denda). RU II adalah Remisi Umum yang diberikan kepada Narapidana dan Anak Pidana, yang masa pidananya apabila dikurangkan perolehan remisinya yang bersangkutan akan bebas saat tanggal hari kemerdekaan RI tersebut.

“Jika Remisi Umum yang diberikan kepada Narapidana dan Anak Pidana, masih ada sisa waktu tahanan maka yang bersangkutan masih harus menjalani sisa pidana dan belum bisa bebas pada tanggal pelaksanaan hari kemerdekaan RI ini, “katanya.

“Kami akan selalu Melindungi hak warga binaan dalam hal remisi karena setiap warga binaan yang telah memenuhi persyaratan akan diusulkan remisi ataupun remisi susulan,” bebernya.

Sedangkan untuk 11 orang warga binaan langsung bebas karena mendapat potongan masa tahanan di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. untuk jumlah narapidana yang mendapat remisi umum pada saat hari kemerdekaan tahun ini ada 707 orang, dengan rincian 207 orang mendapat remisi 1 bulan, 228 orang mendapat remisi 2 bulan, 181 orang mendapat remisi 3 bulan, 86 orang mendapat remisi 4 bulan dan 5 orang mendapat remisi 5 bulan, 11 orang diantaranya langsung bebas karena masa hukumannya berakhir dipotong masa tahanan.

Hadiri dalam pemberian remisi Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Kasbimas Polres Metro Bekasi, AKBP Muryono, Perwakilan Kodim 0509/Kab Bekasi dan beberapa pejabat lainnya. (Ane)