Disdukcapil Kabupaten Bekasi Memberikan Pelayanan Semakin Bersinar

0
215

POSKOBERITA.COM, CIKARANG PUSAT – Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Apalagi, di Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-68, dalam pelayanan harus semakin bersinar.

Kepala Disdukcapil, Ali Syabana mengatakan, jumlah penduduk dengan kurang lebih 3,1 juta jiwa, hanya sedikit yang belum mempunyai akta kelahiran. Itu merupakan capaian luar biasa, pasalnya target dari nasional yaitu 85 persen akan tetapi realisasi pembuatan akta kelahiran di Kabupaten Bekasi 90 persen.

Dirinya juga tidak berpuas diri, karena mengingat populasi manusia akan terus bertambah seiring dengan lahirnya bayi setiap hari. Menurutnya, bisa terelesasi hingga 90 persen itu merupakan berkat kerja keras semua pihak, khususnya operator Disdukcapil.

“Operator kami siap dari tingkat desa maupun tingkat kecamatan, jika lengkap persyaratannya tinggal bawa aja ke Disdukcapil hari itu juga langsung dikeluarkan,” kata Ali sapaan akrabnya.

Ali mengatakan, Disdukcapil juga mengadakan akte keliling di setiap Kecamatan se-Kabupaten Bekasi, demi memberikan pelayanan yang terbaik. “Jadi pada hari ini senin, selasa, rabu kita mengadakan akte keliling selama 3 hari, berikut kartu indetitas anak,” ujarnya.

Dikatakan Ali, selain Akte dan el-KTP disitu juga dibuat Kartu Indentitas Anak (KIA), masih kata Ali tujuannya untuk mempermudahkan anak yang bersangkutan agar memiliki KIA. “Sekarang di foto atau di rekam dulu, nanti barang pengadaannya di Bulan Juni semacam ktp dari umur 17 tahun kebawah dan fungsinya mirip (KTP),” terang dia.

Selain itu juga manfaatnya untuk daftar sekolah dan membuat BPJS dan administrasi lainnya. “Kartu identitas ini dari anggaran tahun 2016 dan sekarang dilaksanakan di tahun anggaran 2018, rencana kita mau hampir 100 ribu. Dari 23 kecamatan kita programkan (KIA, red) semua, nanti berlanjut di tahun 2009,” tuturnya.

Ditambahkan mantan Kepala Dinas Perhubungan tersebut, juga memastikan di setiap masing-masing kecamatan untuk persoalan blanko e-KTP tercukupi dan masih banyak. Namun, jika kembali ada kendala jaringan di setiap kecamatan pihaknya selalu siap melayani warga, untuk datang angsung ke Disdukcapil.

“Kita juga mengadakan jebol desa, kita jemput 187 desa plus kelurahan, terus ada 7 kios menghampiri kecamatan ada pelayanan keliling dan sekarang juga ada pelayanan di Cikarang Barat. Terus kita tingkatkan pelayanan untuk mempermudah warga,” tutupnya. (ADV)