Kadinkes Bekasi: Vitamin A Sangat Penting Untuk Anak Balita

0
43

POSKOBERITA.COM, TAMBUN SELATAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi tahun 2018 ini gencar melaksanakan program pemberian asupan vitamin A bagi anak usia balita. Program yang dinamai bulan vitamin A ini sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2018 lalu dan akan berakhir bulan Agustus 2018.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, asupan vitamin A untuk anak balita usia 6 sampai 59 bulan sangat penting bagi mata.

“Pemberian asupan vitamin A ini untuk mencegah kekurangan vitamin A pada anak balita,” kata Sri Enny Mainiarti kepada poskoberita com usai acara pemberian vitamin A di Desa Tridaya Sakti, Jum’at (3/8).

Sri Enny, menambahkan bahwa program pemberian vitamin A pada anak usia balita dilaksanakan setiap tahun pada bulan Februari dan Agustus.

“Kami berharap animo masyarakat untuk program pemberian vitamin A secara gratis ini, untuk itu silahkan para ibu membawa bayinya ke posyandu dan puskesmas,” katanya.

Enny mengatakan kegiatan Bulan Vitamin A merupakan program rutin Dinas Kesehatan Kabupaten.

Ditambahkan Eny, disamping acara pemberian Vitamin A secara cuma-cuma kepada balita juga akan dibarengi dengan acara sosialisasi penyebaran informasi mengenai pentingnya asupan vitamin A.

Dijelaskan Eny, setelah kegiatan pemberian vitamin A dilaksanakan di Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan, akan dilanjutkan keseluruh kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

“Selanjutnya tim kita akan `mobile` ke tiap Kecamatan dan nanti di lokasi mereka akan dibantu pihak Puskesmas setempat,” jelasnya.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) terdapat 250 juta anak pra sekolah di seluruh dunia yang mengalami kekurangan vitamin A dan setiap tahunnya sebanyak 250.000 sampai 500.000 anak mengalami kebutaan dimana separuh di antaranya kemudian meninggal dunia dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A tersebut.

“Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak tahun 1970-an dan masih terus digalakkan sampai saat ini,” tuntasya.

Vitamin A atau Retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan di dalam tubuh disimpan di hati. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan anti bodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. (Dwei)