PP WANITA PERISAI : SPIRIT SEGAR YANG AKAN MEWARNAI PERGERAKAN PEREMPUAN INDONESIA

0
108

JAKARTA, Poskoberita.com – Deklarasi rumah kebangsaan H.O.S Tjokroaminoto telah terselenggara diiringi dengan pelantikan bersama organisasi sayap Syarikat Islam yaitu PP Wanita Perisai ( Pimpinan Pusat Wanita Pertahanan Ideologi Syarikat Islam) periode 2018-2021. (30/5)

Dalam deklarasi rumah kebangsaan tersebut, Ketua Umum Syarikat Islam Dr. Hamdan zoelva menyampaikan bahwa melalui Syarikat Islam terlahir cikal bakal para pemimpin bangsa Indonesia,  seperti Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, samaun, kartosuwiryo, tan malaka dan yang lainnya. Oleh karena itu sudah seharusnya Syarikat Islam sebagai organisasi tua di Nusantara dapat kembali berkiprah memberi kontribusi pada negeri.

Pada pelantikan tersebut dilantiknya Pimpinan Pusat Wanita Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (PERISAI) dibawah kepemimpinan Sdri Megawaty dan Sdri Endahing N.I Pustakasari, masing-masing menjabat sebagai Ketua umum dan Sekretaris umum.

Saat ditemui di DPP Syarikat Islam di jl Taman Amir Hamzah No 2 Pegangsaan, Jakpus, Ketua Umum PP Wanita Perisai, Megawaty berharap bahwa semoga kedepannya Wanita PERISAI mampu mewarnai pergerakan kaum perempuan di Indonesia dengan ide dan spirit segar serta mampu membawa perubahan dengan menghimpun “prophetic minority” langkah demi langkah hingga akhirnya dapat menciptakan “prophetic majority” yang sama-sama rindu pada kesejahteraan dan keadilan bagi sesama.

Megawaty menambahkan dalam pidatonya bahwa spirit yang dibawa Syarikat Islam terdahulu adalah spirit dagang guna menghalau pedagang asing menancapkan pengaruhnya di nusantara, baik dalam sektor ekonomi maupun politik, maka yang harus dipikirkan saat ini oleh keluarga besar Syarikat Islam adalah bagaimana merevitalisasi kembali spirit tersebut menjadi visi dan misi yang dibawa terus menerus namun tanpa melupakan perkembangan zaman. Artinya harus ada terobosan baru dalam memberdayakan masyarakat pada umumnya dan perempuan secara khususnya dengan upaya terkini.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris PP. Wanita Perisai, Endahing, menyampaikan dalam wawancaranya bahwa PP Wanita PERISAI terbentuk karena diperlukan sesuatu secara kelembagaan untuk turut mengawal ideologi syarikat islam dan memperjuangkan hak kaum perempuan sehingga tercipta keadilan dan kesejahteraan ummat pada umumnya.

(Vin/OZ)