Sejarah Industri dan Gerakan Buruh Bakal Diangkat Dalam Diskusi Publik KHB

0
525

POSKOBERITA.COM, TAMBUN SELATAN – Komunitas Historika Bekasi (KHB) kembali akan menggelar diskusi publik yang akan mengangkat tema “Industri dan Gerakan Buruh Masa Lalu dan Masa Kini.” Acara ini akan diadakan pada Kamis (10/05/2018) malam, pkl. 19.30 WIB – 22.00 WIB dengan mengambil tempat di Sekretariat FSPMI, Jl. Yapink Putra No. 11 Tambun Selatan.

Diskusi KHB yang ke-3 ini akan menghadirkan tiga orang pembicara, yakni Obon Tabroni, Tokoh Buruh Bekasi, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno dan penulis buku sejarah Bekasi, Endra Kusnawan.

Ketua Panitia Diskusi KHB, Raden Agah Handoko mengatakan, diangkatnya tema industri dan buruh ini karena Bulan Mei identik dengan Bulan Buruh.

“Setelah bangkitnya gerakan buruh di Indonesia di masa reformasi, gerakan buruh tumbuh menjadi gerakan perlawanan sosial yang dahsyat dan itu juga terjadi di bekasi,” ungkap Agah, Senin 07/05/2018).

Agah menambahkan, dalam diskusi nanti Obon Tabroni akan bicara tentang gerakan buruh Bekasi masa kini. Sejarawan muda Bekasi, Endra Kusnawan akan mengupas industrialisasi dan gerakan buruh di jaman kolonial dan Nyumarno akan berbicara seputar Buruh Go Politik.

“Dipastikan diskusi ini akan berlangsung menarik, karena selain akan mengupas sejarah pergerakan buruh juga akan mengangkat seputar isu perburuhuan saat ini,” pungkas Handoko. (Red)