Deklarasi HIMAPINDO, Siapkan Mahasiswa Jadi Pengusaha

0
158

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Sejumlah aktivis pengusaha muda Indonesia dari berbagai daerah dan berbagai kampus di Jawa menginisiasi pembentukan organisasi profesi kewirausahaan bernama Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (HIMAPINDO), pada Minggu (06/05/2018).

Organisasi yang dideklarasikan di de’Lagoon Resto Lippo Cikarang tersebut diprakarsai oleh sejumlah nama seperti CEO Detik Network, Abdul Aziz, Direktur perusahaan manufacturing kawasan industri Karawang, Sabah Saparian dan pengusaha muda Cikarang, Budiyanto yang juga owner Budiyanto Corporation, dengan dihadiri sejumlah aktivis dan para pengusaha muda.

Salah seorang inisiator Himapindo, Budiyanto mengatakan organisasi profesi tersebut berkonsentrasi melakukan pembinaan kepada para mahasiswa dengan visi “Menjadi Pengusaha Sebelum Sarjana” dengan misi membangun fondasi peradaban ekonomi Indonesia yang berdaulat dan mensejahterakan dengan penguatan motto Mandiri, Sinergi dan Mengabdi.

“Himapindo diharapkan seperti halnya organisasi extra kampus lainnya seperti HMI, PMII, GMNI ataupun KAMMI. Hanya saja fokus dan tujuannya bukan untuk gerakan pemikiran, sosial dan politik tapi lebih kepada pembentukan karakter mahasiswa dalam hal kewirausahaan. Tujuan kongkritnya adalah membina dan mengarahkan mahasiswa harus mulai belajar usaha dan menjadi pengusaha semenjak dibangku kuliah,” kata Budiyanto kepada awak media.

Salah satu harapan kongkritnya, terang Budiyanto, para mahasiswa anggota Himapindo harus dan wajib menjadi pengusaha sebelum menjadi sarjana.

“Para anggota Himapindo sebelum lulus dan diwisuda harus sudah melakukan kegiatan usaha dan memiliki badan hukum usaha berupa perseroan terbatas,” tegasnya.

Musyawarah Nasional Himapindo sepakat menunjuk pengusaha muda asal Cikarang, Budiyanto sebagai Ketua Umum dengan Sekjen Eenk Heryono dari Universitas Kanjuruhan Malang yang juga Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kota Malang. Sementara Abdul Aziz dan Sabah Saparian disepakati sebagai Dewan Pembina. Dalam waktu dekat Kepengurusan Pusat Himapindo juga akan segera dibentuk. (Red)