BPBD Akan Libatkan Dunia Usaha untuk Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bekasi

0
67

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi akan melibatkan kalangan dunia usaha dalam penanggulangan bencana di wilayah setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, H. Aspuri mengatakan, selama ini setiap kali terjadi bencana alam seolah hanya menjadi tanggungjawab BPBD. Padahal sesuai UU No. 24 Tahun 2007, penanggulangan bencana menjadi tanggungjawab bersama antara tiga unsur yakni pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

“Karena itu ke depan kami akan merangkul kalangan dunia usaha seperti kawasan industri untuk bersama-sama menanggulangi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bekasi,” kata Aspuri, Jumat (27/04/2018).

Di jajaran pemerintah daerah sendiri, terang Aspuri, nantinya tidak hanya BPBD yang terlibat dalam penanggulangan bencana tapi semua SKPD terkait juga harus ikut terlibat.

Pihaknya juga berharap partisipasi masyarakat akan semakin meningkat dalam ikut menanggulangi bencana alam seperti banjir yang sering melanda Kabupaten Bekasi.

“Sejauh ini peran masyarakat sudah cukup baik dalam membantu penanggulangan bencana, seperti banyaknya aksi bakti sosial atau pengobatan gratis di daerah bencana yang dilakukan oleh organisasi maupun komunitas,” ujarnya.

Pihaknya juga akan terus meningkatkan koordinasi dengan unsur pemerintah, TNI dan Polri untuk mengoptimalkan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Bekasi. (Red)