1,1 Juta Warga Kabupaten Bekasi Belum Punya KTP Elektronik

0
69

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi harus berupaya keras agar seluruh masyarakat wajib memiliki KTP Elektronik. Pasalnya hingga tahun 2018 ini tercatat ada 1,1 juta warga yang sudah melakukan perekaman tapi belum memiliki KTP elektronik. Lalu apa faktor yang menjadi kendalanya?

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Giri Waluyo, mengatakan , pelayanan administrasi kependudukan KTP elektronik sudah maksimal.

“Masyarakat sudah dapat membuat KK dan KTP elektronik di kecamatan,” kata Giri kepada Poskoberita.com usai acara sosialisasi administrasi kependudukan di Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (12/4).

Dikatakannya, pelayanan administrasi kependudukan KTP Elektronik berjalan sesuai program yang diharapkan. Kalaupun ada kendala mungkin jaringannya,” ujar Giri Waluyo.

Selain itu, lanjutnya, masih ada warga yang belum memahami proses pembuatan KTP.

Data penduduk yang sudah memiliki KTP elektronik di Kabupaten Bekasi tercatat di Kantor Dukcapil sebanyak 3,7 juta.

“ Sementara yang sudah punya KTP elektronik sebanyak 2,6 juta,” terang Giri.

Dari pantauan di lapangan, masyarakat pemohon KTP elektronik di Kecamatan Tambun Selatan masih membludak setiap hari di kantor kecamatan setempat.

Anton, salah seorang warga pemohon KTP elektronik mengaku dirinya sudah 2 kali bulak balik hanya untuk membuat surat Keterangan (suket) .

“KTP elektroniknya belum jadi jadi mas,” kata Anton warga Mekarsari ini. (Dwie)

Foto;ilustrasi(doc.sindo)