Bikin Akte Kelahiran Gak Usah Datang Ke Pemda, Cukup Lewat WhatsApp

0
195

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Ada kabar gembira untuk masyarakat yang sering dibuat repot ketika bikin Akte Kelahiran. Dalam waktu dekat Disdukcapil Kabupaten Bekasi bakal meluncurkan jurus anyar cara bikin akte kelahiran lewat aplikasi Whats App (WA).

Apabila layanan aplikasi WA ini sudah berjalan maka masyarakat tidak perlu lagi harus jauh jauh datang ke Pemda Kabupaten Bekasi, tetapi cukup melalui aplikasi tadi.

“Paling lama sebulan ini proses uji coba layanan melalui aplikasi WA, mudah mudahan ini bisa dapat masukan dahulu dari masyarakat akan program layanan yang dibuat,” kata Kabid Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Bambang Budiraharjo.

Karena masih sebatas uji coba, Nomor WA untuk pembuatan akta kelahiran tersebut belum disebarluaskan ke masyarakat tetapi baru sebatas kalangan Operator Catatan Sipil yang ada di kecamatan maupun kantor desa.

“Kalau Aplikasi WA sudah maksimal kinerjanya maka layanan akte di layani sehari di batasi 100 pemohon, dan jatah untuk yang datang langsung 50 pemohon saja,” ujarnya.

Menurut Bambang, peluncuran pembuatan layanan akte kelahiran berbasis aplikasi WA sendiri merupakan terobosan baru yang datang langsung dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi, bukan dari Kementrian dalam Negeri. (Dms)