Keterlambatan Pencairan Dana Bos Berimplikasi Kepada KBM

0
163

POSKOBERITA.COM, LEBAK – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sejumlah SD dan SMP di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten terancam terganggu akibat keterlambatan pencarian Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dari informasi serta investigasi yang diperoleh DPC Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Kabupaten Lebak beberapa waktu lalu, Kepala Sekolah di wilayah setempat kesulitan melakukan kegiatan belajar mengajar akibat terlambatnya Dana Bos.

Menyikapi kondisi tersebut, Koordinator DPC Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Lebak, Reza Herdika meminta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak segera mengupayakan pencairan dana BOS serta mengupayakan agar jangan terlambat.

“Kami meminta Kadis Pendidikan segera mengupayakan pencairan dana BOS serta mengupayakan agar jangan terlambat,” ucap Reza kepada wartawan, Kamis (29/3/18).

Terang dia, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) itu tolak ukur untuk kegiatan belajar-mengajar karena tidak terlepas dari anggaran.

“Jangan sampai sekolah (Kepsek-red) meminjam anggaran ke pihak ketiga, yang nantinya dapat berpotensi mengakibatkan masalah baru,” ujar Reza yang juga aktif di dunia pendidikan.

Sambung dia, apabila dikemudian hari pihak sekolah menempuh jalan keluar dengan cara meminjam kepada pihak ketiga, menurutnya akan berdampak munculnya potensi masalah baru.

“Yang tentu itu pasti akan menimbulkan berbunga jika sekolah meminjam anggaran buat kegiatan,” tuturnya.

Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) berharap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak segera mengupayakan mencairkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sejumlah SD dan SMP Kabupaten Lebak. (Red)