Wisnu Wardhani : Membangun Fasilitas Kesehatan Lebih Urgent dari Bangun Gedung Pencakar Langit

0
237
Wisnu wardhani saat berada di salah satu Rumah sakit di Kabupaten Bekasi

POSKOBERITA.COM, CIBITUNG – Rencana akan dibangunnya gedung pencakar langit di Komplek Pemerintah Kabupaten Bekasi setinggi 16 lantai mendapat kritik dari pemerhati kesehatan Wisnu Wardhani. Pria yang sudah menjadi Relawan kesehatan sejak tahun 2012 ini mengatakan, pembangunan gedung pencakar langit  yang menelan anggaran hingga Rp 200 miliar tersebut dinilai tidak terlalu mendesak di tengah banyaknya permasalahan kesehatan di Kabupaten Bekasi.

“Masih banyak masalah kesehatan yang harus dibenahi di Kabupaten Bekasi, seperti kasus gizi buruk dan minimnya dokter spesial serta pengadaan alat untuk ruangan-ruangan intensif di rumah sakit, seperti ICU, PICU dan NICU yang masih sangat terbatas, sehingga banyak pasien yang tidak tertolong ” kata Wisnu, Kamis (22/02/2018).

Sejauh ini, kata Wisnu, anggaran untuk bidang kesehatan di Kabupaten Bekasi masih kurang di tengah angka pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan tidak diimbangi dengan pembangunan fasilitas kesehatan di berbagai sektor, seperti pembangunan Puskesmas dan penambahan armada ambulan di setiap desa.

“Idealnya satu desa di Kabupaten Bekasi memiliki 1 unit mobil ambulance sehingga memudahkan masyarakat apabila dalam keadaan darurat dan harus cepat mendapatkan penanganan,” ujarnya.

Menurut Wisnu Wardhani, Relawan Kesehatan yang saat ini maju sebagai Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil II Cibitung-Cikarang Barat ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah seharusnya memprioritaskan anggaran kesehatan bagi warganya di tengah era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini. Hal tersebut menurutnya sesuai dengan Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta yang bertujuan untuk memastikan semua orang mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa harus mengalami kesulitan pembayaran.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menyiapkan dana Rp200 miliar untuk membangun gedung 16 lantai di Kompleks Pemkab Bekasi, Desa Sukahami, Kecamatan Cikarang Pusat yang ditargetkan mulai dikerjakan pada Maret 2018. Proyek tersebut ditargetkan selesai akhir tahun 2019 dan pada tahun 2020 kantor sudah bisa digunakan. (red)