Hujan Terus Mengguyur, Ribuan Rumah di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

0
177

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Sedikitnya 10 Kecamatan di Kabupaten Bekasi terkena banjir akibat tingginya intensitas hujan yang terus mengguyur pada Kamis (15/02) pagi, siang hingga malam hari. Selain merendam ribuan rumah warga, banjir juga membuat jalan terputus dan  merendam sejumlah gedung sekolah.

Kecamatan yang masih terendam banjir yakni Kecamatan Pebayuran, Cabangbungin, Muaragembong, Sukawangi, Sukakarya, Tambelang, Tambun Utara, Babelan, Tarumajaya, Cikarang Selatan dan Cikarang Utara. Hingga kini, pemerintah masih melakukan pendataan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, H. Aspuri, mengatakan, rata-rata banjir yang merendam itu ketinggian air berkisar 30- 50 cm.

”Ada 10 kecamatan yang terendam banjir, hampir ratusan ribu warga menderita akibat banjir tersebut,” kata Aspuri, Kamis sore, (15/02/2018).

Aspuri menjelaskan, banjir yang merendam permukiman warga tersebut disebabkan intensitas hujan yang tinggi sejak Kamis pagi. Tingginya curah hujan itu diperburuk dengan drainase di permukiman warga yang menjadi genangan air tidak terhindarkan lagi.

Selain curah hujan, kata dia, peningkatan debit air Kali Citarum serta aliran sungai yang melintas di Kabupaten Bekasi meluap kesejumlah permukiman warga. Namun, dari sebanyak 10 kecamatan itu tidak semua desa terendam banjir, Pebayuran, Sukawangi dan Tambelang terdiri dari tiga desa.

Kemudian Kecamatan Sukakarya dan Babelan hanya ada satu desa. Meski demikian, pihaknya masih melakukan pendataan dan mendistribusikan bantuan kepada korban banjir.”Kami juga sedang mendata jumlah warga yang terdampak banjir, karena hujan masih turun sangat deras,” tegasnya. (red)