Daeng Muhammad Minta Kawasan Industri Ikut Majukan Seni Budaya Bekasi

0
222

POSKOBERITA.COM – Anggota DPR RI, Daeng Muhammad mengapresiasi kepedulian pemerintah daerah yang sudah merenovasi Gedung Juang Tambun sehingga menjadi lebih bersih dan menarik serta layak menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Bekasi.

Namun demikian Daeng berharap Gedung Juang tidak hanya menjadi simbolis bangunan warisan budaya (heritage) kolonial tapi harus difungsikan sebagai musium dan menjadi pusat kreasi para seniman dan budayawan yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Yang kita inginkan adalah bagaimana kebijakan pemerintah ke depan membangun musium, membangun tempat budaya, sehingga para seniman bisa tampil di Gedung Juang,” kata pria yang juga pemerhati seni dan budaya ini

Daeng melihat banyaknya orang asing (ekspatriat) di kawasan industri yang ada di Kabupaten Bekasi merupakan potensi yang harus dimanfaatkan, sehingga ke depan mereka tak harus berwisata ke tampat jauh untuk menikmati karya seni dan budaya dan cukup datang ke Gedung Juang.

“Kalau di Gedung Juang sudah ada musium dan banyak ditampilkan karya seniman dan budayawan Bekasi, saya yakin tempat ini akan menjadi destinasi wisata baru yang diminati para wisatawan, termasuk orang-orang asing yang ada di kawasan industri,” kata Daeng.

Anggota Komisi III DPR RI ini menambahkan, banyaknya kawasan industri di Bekasi harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, termasuk kepada para pelaku seni dan budaya yang ada di wilayah setempat.

“Kan negara punya hak paksa, pemerintah ketika mengeluarkan ijin industri harus mempertimbangkan kepentingan industri dengan kepentingan lokal, termasuk memajukan seni dan budaya di Kabupaten Bekasi,” ucap pria yang berjuluk Pupuhu Talagamanggung ini.  (emyu).