Tentang Ciraos, Pelayanan Publik dan Tradisi yang Terjaga

0
172
#

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Para kepala desa dan jajaran aparat di bawahnya, sebaiknya mengambil contoh dari cerita sinetron Dunia Terbalik. Meski hanya sebuah tontonan, tapi tontonan yang baik memang bisa menjadi tuntunan. Di desa yang bernama Ciraos dalam sinetron karya sutradara Iip S. Hanan ini digambarkan bagaimana pelayanan publik dilakukan dengan sangat baik.

Ketika ada seorang perempuan yang hamil tua, Ustadz RW alias Ustadz Kemed menugaskan hansipnya untuk berjaga di rumah warga yang hamil agar bisa memantau kapan ia akan melahirkan dan pertolongan apa yang harus disiapkan. Bahkan RW yang dijuluki Ustadz Google ini siap membangun dapur umum supaya warganya tercukupi kebutuhan makannya ketika uang transfer dari para TKW telat datang.

Di desa itu ada juga Dokter Clara yang pekerjaannya tidak hanya menunggu warga yang sakit datang ke kliniknya, tapi ia pun memantau dan mendatangi langsung warga yang sakit ke rumahnya.

Dalam urusan keamanan, ada juga Kamtib Aming yang selalu siap siaga patroli keliling desa untuk memantau warganya yang bermasalah. Meski terkesan paranoid dalam bayangan konspirasi global, tapi Aming seorang penjaga keamanan yang baik. Ia akan tegas menegur warganya yang kepergok sedang pacaran. Ia pun mampu mendeteksi munculnya potensi masalah di wilayahnya.

Di tengah krisis hilangnya rasa kepedulian sosial dan gotong royong di masyarakat kita, ada figur Ma Suha. Nenek yang dikenal galak ini selalu menunjukkan kepedulian kepada orang lain. Ia masih mau menasehati anak-anak tetangganya, mendamaikan bahkan berani melakukan eksekusi tegas dengan membawa rantai besi ketika ada  kekacauan akibat perilaku liar warga desa.

Apa yang digambarkan dalam sinetron Dunia Terbalik bukanlah sebuah cerita khayalan. Nilai-nilai kepedulian sosial yang ada di Desa Ciraos adalah perilaku yang pernah kita miliki, yang pernah hidup dan berkembang di tengah masyarakat kita. Tapi sayang nilai-nilai itu kini telah hilang dan sepertinya sudah terlalu sulit untuk dikembalikan.

Dunia Terbalik merupakan sebuah sinetron drama-komedi-Islami yang ditayangkan di RCTI sejak 5 Januari 2017. Sinetron yang dibintangi Agus Kuncoro, Indra Birowo, Sutan Simatupang, Bambang Chandra Bayu, Syahnaz Sadiqah, Mieke Amalia dan Idrus Madani ini, telah berhasil menyabet berbagai penghargaan sebagai sinetron terbaik tahun 2017. (emyu)

Photo : dok. rcti

#