Puluhan Siswa SMA Kabupaten Bekasi Ikuti Madrasah Literasi

0
97
#

POSKOBERITA.COM, TAMBUN SELATAN – Puluhan siswa SMA di Kabupaten Bekasi mengikuti kegiatan Madrasah Literasi di aula kantor PD Muhammadiyah Komplek Metland, Tambun Selatan,  Sabtu (11/11) pagi. Acara ini bertujuan agar generasi muda melek literasi dan mampu menulis.

“Karena anak sekarang yang disebut ‘Kids Zaman Now’ ini suka membuat tulisan di media sosial yang kadang nggak bermanfaat. Maka dari itu di kegiatan ini kita arahkan kalaupun membuat tulisan di medsos agar bermanfaat untuk semua orang,” kata Ketua Majelis Pustaka Informasi (MPI) PD Muhammadiyah Kabupaten Bekasi, Afiff Ardhila.

Kegiatan ini diisi oleh dua orang pembicara, yakni Pemimpin Redaksi Radar Bekasi, Zaenal Aripin dan Ketua Gerakan Literasi Kabupaten Bekasi, Rina Sugiartinengsih.

“Para peserta yang mengikuti Madrasah Literasi ini akan terus dibina oleh kami sehingga nantinya mereka bisa menghasilkan karya berupa buku,” kata Afiff.

Menurut kamus Merriam-Webster, Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis.

Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual seperti video dan gambar.

Hanya saja, memang pemahaman yang paling umum mengenai literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis. (Red)

 

#