Sambut Sumpah Pemuda, SMA Islam Darunadwah Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
130
Pelatihan Jurnalistik untuk pelajar yang berlangsung di SMA Islam Darunadwah, Kp Rawakuda Desa Karangharum Kec. Kedungwaringin Kabupaten Bekasi, Sabtu (28/10/2017)
#

POSKOBERITA.COM, KEDUNGWARINGIN – Menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, SMA Islam Darunnadwah yang berlokasi di Kp. Rawakuda Desa Karang Harum Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi mengadakan acara Pelatihan Jurnalistik bertema Menepis Bahaya Hoax, Sabtu (28/10/2017). Pelatihan yang diikuti oleh puluhan siswa kelas 1 sampai kelas 3 ini digelar bekerjasama dengan media online Poskoberita.com.

Kepala Sekolah SMA Islam Darunnadwah, Abdul Aziz Muslim mengatakan, pelatihan jurnalistik ini penting dilakukan, selain untuk membekali para siwa agar mampu menulis berita dengan baik, juga memberikan pemahaman kepada para siswa tentang bahaya berita bohong (hoax).

“Kami ingin para siswa SMA Islam Darunnadwah mempunyai keterampilan dasar tentang cara menulis berita, sehingga ketika ada suatu kegiatan atau peristiwa yang terjadi di sekolah atau lingkungannya, mereka mampu membuat berita sendiri. Saya kira jurnaisme warga (Citizen Journalisme) saat ini sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melaporkan dan membuat sendiri berita yang terjadi di daerahnya,” kata Aziz.

Selain itu menurut Aziz, saat ini sebagian besar remaja adalah pengguna internet aktif, sehingga pihak sekolah perlu membekali mereka terhadap bahaya dari internet, seperti banyak munculnya berita hoax. “Jangan sampai karena keterbatasan informasi, para siswa malah ikut men-share atau menyebarkan berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat. Mudah-mudah dengan pelatihan ini para siswa dapat memahami mana berita yang benar dan mana berita bohong,” ujarnya.

Dalam pelatihan yang berlangsung sekitar 2 jam ini, para siswa diberikan materi seputar pedoman dasar menulis berita, cara mencari sumber berita, teknik wawancara sampai cara menyusun berita yang mudah dipahami oleh pembaca.  Selain diberikan teori jurnalistik, para siswa juga langsung melakukan praktek cara membuat berita yang dipandu Team Redaksi  Poskoberita.com.  (Red).

#