Himpunan Alumni IPB : Pembangunan di Kabupaten Bekasi Harus Ramah Lingkungan

0
212
#

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Sekjen DPC Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Kabupaten Bekasi, Eris Purnama meminta pemerintah daerah dan kawasan industri menerapkan pembangunan yang ramah lingkungan dengan memperbanyak program  penanaman pohon dan menyediakan lahan yang cukup untuk penghijauan.

“Sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, pembangunan yang ramah lingkungan mutlak dilakukan di Kabupaten Bekasi agar kelestarian alam dan lungkungan di daerah ini tetap terjaga,” kata Eris.

Sejauh ini para alumni IPB yang ada di Kabupaten Bekasi telah rutin pada setiap bulan melakukan program edukasi lingkungan dan  penghijauan di sekolah-sekolah  SMA dan SMK di Kabupaten Bekasi, bekerjasama dengan Mapala Universitas Pelita Bangsa.

“Kami telah melakukan program penanaman pohon di seluruh SMA/SMK di Kabupaten Bekasi dimana setiap sekolah diwajibkan menanam 50 pohon,” kata Eris.

Selain itu, menurut Eris, para alumni IPB Kabupaten Bekasi yang beranggotakan sekitar 75 orang ini juga telah melakukan penanaman pohon di sekitar Kalimalang dan penanaman mangrove, konservasi pesisir pantai di Kecamatan Tarumajaya dan pesisir Pantai Muaragembong.

“Kita juga akan mengadakan seminar kewirausahaan pada 3 Desember 2017 nanti, untuk memotivasi masyarakat, khususnya anak muda agar mampu mandiri dan bisa merintis usaha sendiri,” tambah Eris.

Eris mengakui minat  anak muda Kabupaten Bekasi untuk kuliah di jurusan pertanian seperti IPB saat ini mengalami penurunan.

“Jumlahnya relatif sedikit dibandingkan dulu. Mungkin alasan utamanya karena Kabupaten Bekasi sudah berubah dari daerah pertanian menjadi kawasan industri. Dan di kalangan anak muda sekarang, ada stereotipe bahwa petani itu identik dengan kotor, miskin, dan kurang bergengsi. Padahal potensi pertanian di Kabupaten Bekasi masih cukup luas,” ucap Eris.

DPC Himpunan Alumni IPB Kabupaten Bekasi terbentuk pada 11 Maret 2017 dan dikukuhkan oleh Gubernur Jabar di Gedung Sate pada 14 April 2017. Himpunan Alumni IPB Kabupaten Bekasi saat ini dipimpin oleh Budiyanto dan Sekjen Eris Purnama.

“Alhamdulillah, Alumni IPB Kabupaten Bekasi saat ini dipimpin oleh Pak Budiyanto,  seorang yang luar biasa, full support untuk berbagai kegiatan, tidak hanya materi, waktu, pikiran, tenaga, makanya saya tidak heran beliau juga dapat penghargaan dari yayasan penghargaan Indonesia sebagai tokoh Indonesia di Denpasar Bali belum lama ini,” pungkas Eris. (Red).

#