Sepuluh Cara Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

0
189
#

Berikut ini 10 tips meninggalkan rumah yang aman saat ditinggal mudik ;

  1. Hindari melakukan hal yang mengindikasikan rumah anda sedang kosong, misalnya lampu teras yang menyala 24 jam. Anda bisa memasang lampu otomatis yang bisa menyala dan mati dalam waktu yang telah diset sehingga rumah kamu terlihat seperti ada orang di dalamnya. Selain itu, letakkan juga sandal di luar rumah dan jika ada, hentikan langganan koran selama kamu tak di rumah. Koran yang menumpuk di depan rumah bisa mengindikasikan bahwa rumah kamu tengah kosong.

2. Matikan aliran listrik pada peralatan rumah yang dianggap tidak perlu seperti AC, kulkas         dan TV.

3. Cabut selang di kompor gas kamu untuk menghindari bahaya kebakaran.

4. Cek keadaan semua pintu dan jendela rumah. Jika perlu pasang kunci tambahan agar    merasa yakin rumah tertutup rapat selama ditinggal mudik.

5. Beritahu tetangga jika rumah kamu dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik dan Jangan lupa juga titip kepada tetangga untuk melihat-lihatkan rumah kamu selama kamu mudik.

 6. Jika kamu tinggal di komplek perumahan, usahakan untuk memberitahu satpam kompleks jika rumah kamu kosong dan minta tolong untuk sering dilihat dan dicek keamanannya.
7. Jangan tinggalkan barang-barang berharga di dalam rumah. Bawa serta uang dan perhiasan kamu dan jika tidak mau membawa terlalu banyak, kamu bisa menitipkan ke safe deposit box di bank atau ke orang-orang yang bisa dipercaya.

8. Boleh juga memasang alarm keamanan maupun CCTV di dalam rumah kamu.

9. Sebelum berangkat, pastikan semua pintu dan jendela sudah benar-benar terkunci dengan baik. Dan jangan pernah meninggalkan kunci rumah di bawah keset, pot maupun enda-benda di dekat rumah. Bawa saja kuncinya mudik dengan kamu.

10. Yang terakhir, ada baiknya tidak sesumbar di media sosial tentang rencana mudik kamu. Hal ini bisa memancing orang lain untuk ‘bertamu’ ke rumah kamu karena tahu rumah dalam keadaan kosong.

source : muslimahdaily

#