AMIK BSI Bekasi Dorong Kreativitas Mahasiswa Melalui PKM

0
1299

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Dalam upaya mengembangkan kreativitas mahasiswa, Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) Cikarang mengadakan Seminar Program Kegiatan Mahasiswa (PKM). Seminar yang digelar di Kampus BSI Cikarang Square, Jumat (09/06 diikuti oleh puluhan mahasiswa yang nampak antusias mengengarkan pemaparan dari pembicara Koordinator Kemahasiswaan BSI, Mohammad Syamsul Aziz.

Kepala Kampus BSI Cikarang, Oryza Gilang mengatakan, program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

“Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.” kata Gilang.

Gilang menambahkan, pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

“Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran karena tenggang waktu pengumpulan proposal ke Dikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil.” ujarnya.

Gilang berharap dengan diadakannya seminar ini mahasiswa BSI bisa terus mengembangkan kreatifitasnya dan bisa mencetak prestasi dikancah nasional atau bahkan dunia. (***)