Kebijakan Bebas Visa Pangkal Masalah Maraknya TKA Ilegal

0
1075

POSKOBERITA.COM, CIKARANG – Anggota Komisi III DPR RI, Daeng Muhammad mengatakan, maraknya tenaga kerja asing (TKA) ilegal, termasuk di Kabupaten Bekasi tidak terlepas dari adanya kebijakan pemerintah yang membebaskan visa terhadap turis mancanegara.

Menurut Daeng, melalui kebijakan tersebut, awalnya pemerintah berharap dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia.

“Tapi faktanya kebijakan tersebut lebih banyak dampak negatifnya untuk kita, termasuk maraknya TKA ilegal,” ujar Daeng saat menjadi pembicara pada Diskusi Publik yang digelar IBM di D’Lagoon Resto Lippo Cikarang, Senin (27/03).

Daeng menambahkan, tidak  saja pertimbangan keamanan, kebijakan bebas visa juga mengurangi pemasukan negara dari sektor Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Saya berharap, pemerintah segera mengevaluasi kembali kebijakan bebas visa ini, karena dampaknya sudah bisa kita rasakan, termasuk di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Daeng Muhammad juga berjanji akan menindaklanjuti  hasil diskusi publik tersebut untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

Diskusi yang digagas oleh Insan Bekasi Madani (IBM) ini dihadiri oleh aktivis buruh Bekasi, Disnaker, Kepala Kantor Imigrasi dan Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi. (PB).