Siswa SMK Negeri 2 Cikarang Barat Boleh Bawa Handphone Saat UTS

0
1267

POSKOBERITA.COM, CIKARANG BARAT – Di tengah banyaknya sekolah yang melarang siswanya membawa handphone ke sekolah, SMK Negeri 2 Cikarang Barat justeru memanfaatkan teknologi android bagi para siswanya dalam mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS).

Salah seorang guru di SMK Negeri 2 Cikarang Barat, Rangga Bayu mengatakan, saat ini sebanyak 1.160 siswa yang meliputi kelas X dan XI di SMK Negeri 2 Cikarang Barat sedang mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS). Saat mengikuti ujian, para siswa diperkenankan menggunakan handphone android atau pun laptop karena ujian berbasis web.

“Kalo sekarang kan Ujian Tengah Semester Genap dan ini yang kedua kalinya kita lakukan setelah sebelumnya Ujian Semester Ganjil beberapa waktu lalu yang diikuti 1.663 siswa yang terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII,” kata Rangga, Kamis (09/03).

Ia mengatakan bahwa UTS  berbasis web ini dilakukan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi bagi para siswa. Selain itu, cara ini juga aman dan efisien sehingga memudahkan bagi guru dan siswa dibandingkan dengan ujian dengan metode konvensional.

“Jadi dengan ujian seperti ini membuat guru tidak harus memeriksa dengan tradisi lama tetapi bisa langsung dimodifikasi oleh sistem dan anak-anak juga mudah mengakses walau dia ada di rumah karena dalam keadaan sakit tetap dapat mengikuti UTS,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, keuntungan yang didapat siswa dengan UTS berbasis web ini adalah agar para siswa dapat segera mengetahui hasilnya.

“Karena sudah terintegrasi dengan sistem yang kami buat, jadi nilai bisa langsung dilihat oleh anak-anak atau siswa,” kata Rangga. (Dim/Pb)