Ribuan Personil Polri dan TNI Disiagakan Untuk Pengamanan Pilkada Bekasi 2017

0
997

POSKOBERITA.COM, CIKARANG UTARA – Polres Metro Bekasi akan menurunkan 1.856 personel untuk mengamankan ribuan TPS pada pemungutan suara di Pilkada Kabupaten, 15 Februari 2017.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, pihaknya menyiapkan 1.856 personil untuk menjaga keamanan Pilkada besok, terdiri dari anggota PolresMetro Bekasi, dibantu oleh Polres Metro Bekasi Kota dan personil TNI.

“Pola pengamanan yang akan dilakukan dibagi dalam dua kategori yakni pengamanan aman dan pengamanan rawan satu yang dilihat dari tipologi daerah, letak geografis daerah dan potensi-potensi kerusuhan yang akan terjadi.”  kata Kapolres disela-sela rapat kesiapan Pilkada dengan unsur terkait di Hotel Horizon, Movieland Jababeka, Kamis (09/02).

Dijelaskannya, untuk pengamanan aman akan dilakukan di 3.925 TPS. Sementara pengamanan rawan satu dilakukan di 33 TPS. Pihak kepolisian juga sudah konfirmasi dan verifikasi dengan pemerintah terkait perbedaan penggolongan pola pengamanan tersebut.

“Pada TPS yang tergolong aman, kepolisian akan menerapkan pola 2:10:20. Artinya ada 2 anggota Polri mengamankan 10 TPS dibantu 20 anggota Ketertiban,” kata dia.

Sementara untuk rawan satu pengamanan yang diterapkan menggunakan pola 2:2:4 yang artinya 2 anggota mengamankan 2 TPS dan dibantu 2 anggota ketertiban.

“Kita akan menempatkan anggota dititik-titik penting dengan maksud jika ada kejadian penting dapat mobile dengan cepat. Ini adalah langkah kita untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat,” ucapnya. (Dim/Pb)